Peran Manajemen Strategik bagi Peserta Didik dalam Menghadapi Dunia Kerja di SMK N 5 Jakarta Timur./ ROBIATUL ADAWIYAH
Manajemen strategis merupakan keseluruhan satuan manajemen yang luas dan
bersifat jangka panjang dan terintegrasi dengan semua sumber daya yang dimiliki
untuk mencapai keunggulan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan perencanaan, pembuatan, penerapan, dan evaluasi strategi
pengembangan kompetensi siswa SMKN 5 Jakarta Timur dalam menghadapi
Dunia Usaha dan Industry (DUDI). Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun sumber data dipilih secara purposive
dan snowball sampling. Pengumpulan data penelitiam dilakukan melalui
wawancara, observasi dan studi dokumentasi Analisis data dilakukan dengan
teknik analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data,
peneliti menggunakan teknik triangulasi yaitu trianggulasi data dan triangulasi
metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan pengembangan
kompetensi siswa di SMKN 5 Jakarta Timur memuat seluruh proses kegiatan
pembelajaran, kegiatan penunjang, dan program kerjasama dengan pihak
eksternal yang dilakukan oleh Kepala Sekolah melalui konektivitas para guru, (2)
Formulasi strategi SMKN 5 Jakarta Timur meliputi perumusan visi, misi, dan
tujuan sekolah, analisis lingkungan internal dan eksternal sekolah hingga
memiliki struktur organisasi yang ideal, (3) Implementasi strategi berupa
meningkatkan kompetensi tenaga pendidik melalui adanya program beasiswa
studi lanjut bagi guru yang memenuhi kriteria, dan (4) Evaluasi strategi SMKN 5
Jakarta Timur dilakukan secara periodik setiap tiga bulan (program tengah
semester), enam bulan (program akhir semester), dan juga menjelang tahun ajaran
baru. Selebihnya, evaluasi juga akan dilakukan menyesuaikan pada situasi,
kondisi, dan urgensi.
Kata Kunci: Manajemen Strategik, Peserta Didik, Dunia Kerja
***
Strategic management is a comprehensive, long-term and integrated management
unit with all available resources to achieve competitive advantage. This research
aims to describes the planning, creation, implementation and evaluation of
competency development strategies for SMKN 5 students East Jakarta in facing
the World of Business and Industry (DUDI). This research uses a qualitative
approach with descriptive methods. The data sources were selected purposively
and snowball sampling. Data collection Research was carried out through
interviews, observation and documentation studies. Data analysis was carried out
using analytical techniques qualitative which includes data collection, data
reduction, data presentation, and drawing conclusions. Whereas for To check the
validity of the data, researchers used triangulation techniques, namely data
triangulation and method triangulation. Results pResearch shows that: (1) The
planning for student competency development at SMKN 5 East Jakarta includes
the entire process of learning activities, supporting activities, and collaboration
programs with external parties carried out by the Principal through teacher
connectivity, (2) Strategy formulation for SMKN 5 East Jakarta includes
formulation school vision, mission and goals, analysis of the school's internal
and external environment to have ideal organizational structure, (3)
Implementation of strategies in the form of increasing the competency of teaching
staff through a scholarship program for further studies for teachers who meet the
criteria, and (4) Evaluation of the strategy of SMKN 5 East Jakarta is carried out
periodically every three months (mid-semester program), six month (end of
semester program), and also before the new academic year. Moreover,
evaluations will also be carried out according to the situation, conditions and
urgency.
Keywords: Strategic Management, Students, World of Wor
T1202 | MP/ts T1202 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Publisher
Prodi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ :
Pascasarjana UNJ.,
2024
Collation
149 hlm. :ilus ;29,5 cm
Statement of Responsibility
-
No other version available