Pengaruh Konsep IPA, Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Terhadap Sikap Ilmiah pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar/ Tunjungsari Sekaringtyas
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh
langsung atau tidak langsung antara pemahaman konsep IPA (X1),
keterampilan berpikir kritis (X2), dan literasi sains (X3) terhadap sikap ilmiah
(X4) Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan menggunakan survey dan analisis data
dilakukan dengan teknik analisis jalur. Populasi penelitian ini sebanyak 390
peserta didik dengan kelas IV Sekolah Dasar di kawasan Pisangan Timur
serta sampel yang digunakan sebanyak 134 peserta didik yang berasal dari
SDN Pisangan Timur 18 dan SDN Pisangan Timur 11 Jakarta Timur.
Penelitian dilakukan pada bulan November tahun ajaran 2023/2024.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan
kuesioner. Dari hasil analisis diperoleh koefisien jalur (1) Py1 = 0,221, (2) Py2
= 0,305, (3) Py3 = 0,422, (4) P21 = 0,249, (5) P31 = 0,405, (6) P32 = 0,305. Dari
pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan sebagai
berikut: (1) terdapat pengaruh langsung pemahaman konsep IPA terhadap
sikap ilmiah, (2) terdapat pengaruh langsung ketrampilan berpikir kritis
terhadap sikap ilmiah, (3) terdapat pengaruh langsung literasi sains terhadap
sikap ilmiah, (4) terdapat pengaruh langsung pemahaman konsep IPA
terhadap literasi sains, (5) terdapat pengaruh langsung keterampilan bepikir
kritis terhadap literasi sains, (6) terdapat pengaruh langsung pemahaman
konsep IPA terhadap keterampilan berpikir kritis, (7) terdapat pengaruh tidak
langsung pemahaman konsep IPA terhadap sikap ilmiah melalui literasi
sains, (8) terdapat pengaruh tidak langsung keterampilan berpikir kritis
terhadap sikap ilmiah melalui literasi sains, (9) terdapat pengaruh tidak
langsung pemahaman konsep IPA terhadap sikap ilmiah melalui
keterampilan berpikir kritis (10) terdapat pengaruh tidak langsung
pemahaman konsep IPA terhadap literasi sains melalui keterampilan berpikir
kritis.
Kata Kunci: Pemahaman konsep IPA, Berpikir Kritis, Literasi Sains, Sikap
Ilmiah, Sekolah Dasa
***
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh
langsung atau tidak langsung antara pemahaman konsep IPA (X1),
keterampilan berpikir kritis (X2), dan literasi sains (X3) terhadap sikap ilmiah
(X4) Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan menggunakan survey dan analisis data
dilakukan dengan teknik analisis jalur. Populasi penelitian ini sebanyak 390
peserta didik dengan kelas IV Sekolah Dasar di kawasan Pisangan Timur
serta sampel yang digunakan sebanyak 134 peserta didik yang berasal dari
SDN Pisangan Timur 18 dan SDN Pisangan Timur 11 Jakarta Timur.
Penelitian dilakukan pada bulan November tahun ajaran 2023/2024.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan
kuesioner. Dari hasil analisis diperoleh koefisien jalur (1) Py1 = 0,221, (2) Py2
= 0,305, (3) Py3 = 0,422, (4) P21 = 0,249, (5) P31 = 0,405, (6) P32 = 0,305. Dari
pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan sebagai
berikut: (1) terdapat pengaruh langsung pemahaman konsep IPA terhadap
sikap ilmiah, (2) terdapat pengaruh langsung ketrampilan berpikir kritis
terhadap sikap ilmiah, (3) terdapat pengaruh langsung literasi sains terhadap
sikap ilmiah, (4) terdapat pengaruh langsung pemahaman konsep IPA
terhadap literasi sains, (5) terdapat pengaruh langsung keterampilan bepikir
kritis terhadap literasi sains, (6) terdapat pengaruh langsung pemahaman
konsep IPA terhadap keterampilan berpikir kritis, (7) terdapat pengaruh tidak
langsung pemahaman konsep IPA terhadap sikap ilmiah melalui literasi
sains, (8) terdapat pengaruh tidak langsung keterampilan berpikir kritis
terhadap sikap ilmiah melalui literasi sains, (9) terdapat pengaruh tidak
langsung pemahaman konsep IPA terhadap sikap ilmiah melalui
keterampilan berpikir kritis (10) terdapat pengaruh tidak langsung
pemahaman konsep IPA terhadap literasi sains melalui keterampilan berpikir
kritis.
Kata Kunci: Pemahaman konsep IPA, Berpikir Kritis, Literasi Sains, Sikap
Ilmiah, Sekolah Dasar
2025000259tun | PD/sin TUN 2024 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Call Number
PD/sin TUN 2024
Publisher
Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ :
Pascasarjana UNJ.,
2024
Collation
48 hlm.:ilus ;21 cm
Statement of Responsibility
-
No other version available