Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengaruh Metode Pembelajaran Field Trip dan Kecerdasan Ekologi terhadap Perilaku Peduli Lingkungan Siswa Kelas X pada Materi Ekosistem Mangrove Mata Pelajaran IPAS/ Miler Ilela

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran field
trip dan kecerdasan ekologi terhadap perilaku peduli lingkungan siswa Kelas X
pada materi ekosistem mangrove mata pelajaran IPAS. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus tahun 2023 dengan populasi siswa
Kelas X SMA Tunas Markatin Jakarta Timur. Sampel penelitian diperoleh
sebanyak 60 siswa, yang teridiri dari 30 siswa Kelas X MPLB sebagai Kelas
eksperimen dan 30 siswa Kelas AKL sebagai Kelas kontrol. Teknik pengumpulan
data dilakukan menggunakan kuesioner untuk mendapatkan data berupa perilaku
siswa, dan tes untuk mendapatkan data kecerdasan ekologi. Validitas instrumen
diuji menggunakan teknik validitas butir dengan rumus pearson product moment.
Realibilitas instrumen diuji dengan Alpha Cronbach. Teknik analisa data yang
digunakan adalah uji t dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (i) perilaku peduli lingkungan siswa yang diajarkan dengan
menggunakan metode pembelajaran field trip lebih baik dibandingkan metode
pembelajaran ceramah; (ii) perilaku peduli lingkungan siswa pada klasifikasi
kecerdasan ekologi tinggi lebih baik dibandingkan siswa dengan kecerdasan
ekologi rendah; (iii) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran
dengan kecerdasan ekologi; (iv) perilaku peduli lingkungan siswa yang diajarkan
menggunakan metode pembelajaran field trip dengan kecerdasan ekologi tinggi
lebih baik dibandingkan siswa yang diajarkan menggunakan metode
pembelajaran ceramah dengan kecerdasan ekologi tinggi. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode
pembelajaran field trip dan kecerdasan ekologi terhadap perilaku peduli
lingkungan siswa Kelas X pada materi ekosistem mangrove mata pelajaran IPAS;
Perilaku peduli lingkungan siswa dengan kecerdasan ekologi tinggi yang
diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran field trip hasilnya lebih
baik dibandingkan menggunakan metode pembelajaran ceramah.
Kata Kunci : Metode pembelajaran field trip; kecerdasan ekologi; perilaku
peduli lingkungan.
Availability
T1203PL/ts T1203Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PL/ts T1203

Publisher

Prodi Magister Pendidikan Lingkungan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

ix, 121 hlm.: ilus.; 29 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan Ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.