Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan E-Mentoring dengan Strategi DARP pada Program Pedagogik Guru Madrasah/ SHUFI SALSABILA

No image available for this title
Pengembangan e-mentoring pada guru madrasah sangat penting karena tanpa adanya sistem pendampingan yang efektif, guru mengalami kesulitan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik. Hal ini dapat berdampak pada rendahnya kualitas proses pembelajaran, berkurangnya motivasi siswa, serta ketimpangan antara guru. Risiko lainnya termasuk tidak optimalnya diseminasi hasil pelatihan karena keterbatasan waktu, biaya, dan akses geografis, yang berujung pada stagnasi profesionalisme guru. Untuk menjawab tantangan tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan e-mentoring dengan strategi DARP yang layak dan efektif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru madrasah di MIN 15 Jakarta. Metode yang digunakan adalah model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) oleh Thiagarajan. Hasil validasi ahli menunjukkan tingkat kelayakan sangat tinggi (96% materi & media, 98% desain pembelajaran), dan uji coba (One to One dan Small Group) mengindikasikan kelayakan tinggi (90% dan 87%). Uji lapangan dengan 24 guru menghasilkan skor kelayakan 89%, dan uji beda Wilcoxon menunjukkan peningkatan signifikan (sig. 0,01 < 0,05). Nilai N-Gain sebesar 75,89% menunjukkan bahwa e-mentoring dengan strategi DARP efektif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru madrasah secara fleksibel dan berkelanjutan.
Availability
T1204TP/ts T1204Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

TP/ts T1204

Publisher

Prodi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

xiii, 450 hlm.: ilus.; 29,5 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.