Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Model Pembelajaran Keterampilan Menulis esai Bahasa Inggris dengan Pendekatan Proses melalui Pembelajaran Kooperatif

No image available for this title
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran menulis
esai bahasa Inggris dengan pendekatan proses melalui pembelajaran kooperatif.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan
atau Research and Development (R&D) dengan model Dick & Carey. Subjek pada
penelitian ini terdiri dari dosen dan mahasiswa pada jurusan Pendidikan Bahasa
Inggris. Terdapat beberapa langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
analisis kebutuhan, desain dan pengembangan pruduk, uji kelayakan dan
efektifitas produk, dan revisi produk. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri
dari daftar wawancara analisis kebutuhan, angket uji kelayakan dan evaluasi
formatif, angket persepsi keterampilan sosial, serta lembar tes menulis untuk uji
efektifitas produk. Produk akhir penelitian yang dihasilkan berupa: (1) Desain
model pembelajaran, (2) Rencana Pembelajaran Semster (RPS), dan (3) Skenario
Pembelajaran. Secara umum model pembelajaran terdiri beberapa kegiatan: prapembelajaran, inti-pembelajaran (pra-menulis, saat-menulis, dan pasca-menulis),
dan penutup. Berdasarkan uji kelayakan oleh pakar materi bahasa Inggris dan
pakar model pembelajaran serta hasil evaluasi formatif, produk dinyatakan layak
untuk digunakan pada mata kuliah Essay Writing. Sementara hasil uji efektifitas
menunjukan model pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan kemampuan
menulis esai mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai pretest dan
posttest dari rata-rata 80.73 menjadi 93.83. Hasil ini didukung oleh hasil uji
hipotesis yang menunjukan nilai signifikansi (sig.) 0,001 < 0,05. Nilai tersebut
menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai mahasiswa sebelum dan
sesudah menggunakan model pembelajaran. Hasil penelitian juga menunjukan
mahasiswa memberikan persepsi yang positif terhadap penerapan model
pembelajaran serta keterampilan sosial yang mereka alami.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Proses,
Menulis Esai
Availability
2025000402ilaLT/sin ILA 2025Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

LT/sin ILA 2025

Publisher

Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

22 hlm.: ilus.; 21 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.