Model Pembelajaran Bauran Kolaboratif Menulis Argumentatif pada Pendahuluan Artikel Ilmiah Berbahasa Inggris: Penelitian Pengembangan di Program Studi Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten/ KHERYADI
Pada tingkat pendidikan tinggi, keterampilan menulis argumentatif dalam pendahuluan artikel ilmiah berbahasa Inggris merupakan kemampuan yang penting untuk dikuasai. Berdasarkan observasi prapenelitian melalui wawancara dan kajian literatur, ditemukan bahwa mahasiswa masih menghadapi kesulitan dalam menyusun argumen yang logis dan terstruktur pada bagian pendahuluan artikel ilmiah. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada pengembangan prototipe model pembelajaran bauran kolaboratif untuk meningkatkan kemampuan menulis argumentatif mahasiswa. Model ini mengintegrasikan pendekatan tatap muka, tatap maya, dan asinkronus dengan pembagian tahapan pre-class, during-class, dan post-class. Penelitian ini menggunakan Research and Development (RnD) berbasis model Borg and Gall, meliputi analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data kuantitatif diperoleh melalui skor penilaian pakar, angket, dan hasil tes, sementara data kualitatif dikumpulkan melalui observasi, wawancara, proses pengembangan model, serta hasil angket terbuka. Model pembelajaran diterapkan dalam rentang waktu Januari hingga Desember 2024. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, dengan sampel sebanyak 60 mahasiswa. Hasil validasi kualitatif dari penilaian pakar, wawancara, dan observasi menunjukkan bahwa model pembelajaran ini layak diterapkan. Hasil dari uji efektivitas menunjukkan bahwa Rata- rata skor pre-test adalah 9,92, sementara skor post-test meningkat menjadi 19,08. Selain itu, hasil post-test lebih konsisten, dengan penurunan standar deviasi dari 1,311 menjadi 0,793. Perubahan ini mencerminkan model pembelajaran efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa secara signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bauran kolaboratif efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis argumentatif mahasiswa pada bagian pendahuluan artikel ilmiah berbahasa Inggris. Kata Kunci: Bauran Kolaboratif, Menulis Argumentatif, Pendahuluan Artikel Ilmiah, Model pembelajaran.
D1555 | LT/ds D1555 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Publisher
Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ :
Jakarta.,
2025
Collation
xiv, 450 hlm.: ilus.; 29,5 cm.
Statement of Responsibility
-
No other version available