Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Model Pembelajaran STEAM Menggunakan Permainan Berbasis Website untuk Menstimulasi Literasi Sains dan Matematika Anak Usia Dini/ NUR IKA SARI RAKHMAWATI

No image available for this title
Pembelajaran anak usia dini, kini menghadapi tantangan besar untuk memenuhi kebutuhan konsep pembelajaran baru di era revolusi 4.0. Penciptaan pengalaman belajar menggunakan permainan berbasis website yang bermakna diperlukan khususnya dalam pembelajaran sains dan matematika untuk anak usia dini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran STEAM menggunakan permainan berbasis website untuk menstimulasi literasi sains dan matematika anak usia dini. Desain pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model Borg and Gall, Dick, Carrey and Carrey, dan Rowntree. Penelitian ini memadukan data kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan Teknik observasi, wawancara, angket serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, deskriptif, inferensia dan analisis tipologis. Penelitian ini menghasilkan kebaharuan dalam syntax model pembelajaran STEAM menggunakan permainan berbasis website yang tertuang dalam rencana pembelajaran, yang selanjutnya diberi nama Model Pembelajaran TIAR-STEAM. Syntax pembelajaran yang dihasilkan dalam pengembangan ini terdiri dari transferring content, inquiry, application, reflection dan feedback (TIAR). Model Pembelajaran TIAR-STEAM dinyatakan layak oleh pakar desain pembelajaran, pembelajaran STEAM, pembelajaran anak usia dini, media pembelajaran dan bahasa indonesia yang merujuk pada penilaian layak dengan predikat sangat bagus. Sebanyak 66 anak yang menjadi sampel ujicoba mengalami peningkatan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Serta efektif untuk meningkatan kemampuan literasi sains dan literasi matematika anak usia dini. Selain itu temuan penelitian juga melaporkan bahwa model ini dapat meningkatkan pengetahuan guru terkait konten pedagogis pada domain sains dan matematika, meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran, serta meningkatkan minat anak dalam pembelajaran sains dan matematika, serta meningkatkan kemampuan anak-anak berkebutuhan khusus dengan berbagai jenis kebutuhan untuk memungut sampah, memilah sampah berdasarkan jenis, mengurutkan tahapan menanam, bekerjasama dan lebih bersemangat. Kata Kunci : model steam, permainan berbasis website, TIAR, literasi sains dan matematika
Availability
D1554PAUD/ds D1554Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PAUD/ds D1554

Publisher

Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

xxi, 240 hlm.: ilus.; 29,5 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.