Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Instrumen Lingkungan Pembelajaran Sekolah Umum Kekhasan Islam pada Jenjang Pendidikan Menengah di Indonesia

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen pengukuran lingkungan pembelajaran pada sekolah umum kekhasan Islam di jenjang pendidikan menengah di Indonesia. Instrumen ini dirancang untuk mengukur persepsi siswa terhadap suasana belajar yang mendukung integrasi nilai-nilai Islam dalam dimensi fisik, nilai keislaman, hubungan guru-murid, dan aktivitas pembelajaran. Belum tersedianya alat ukur yang valid, reliabel, dan kontekstual mendorong perlunya pengembangan berbasis teori lingkungan belajar Islam dan pendekatan psikometrik multidimensional. Sebanyak 70 butir item disusun berdasarkan kajian literatur kemudian dikurangi menjadi 67 item setelah melalui uji validitas isi oleh ahli menggunakan metode Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validity Index (CVI). Data empirik SMA IT Ukhuwah Banjarmasin (n = 210) dan dilakukan analisis awal dengan menggunakan statistik Infit dan Outfit Mean Square (MNSQ), item yang direduksi sebanyak 7 item. MAN Insan Cendekia Serpong (n = 400), dilakukan pengujian sebanyak 60 item. Hasil Exploratory Factor Analysis (EFA) mengidentifikasi empat dimensi utama dengan total varians terserap sebesar 61,5% dan loading item ≥ 0,40. Model ini kemudian dikonfirmasi melalui Confirmatory Factor Analysis (CFA) dengan hasil kecocokan model yang sangat baik (RMSEA = 0,045; CFI = 0,962; TLI = 0,955; SRMR = 0,043). Analisis Multidimensional Item Response Theory (MIRT) dilakukan untuk memilih model terbaik. Berdasarkan nilai AIC, BIC, dan log-likelihood, model kompensatori menunjukkan hasil paling optimal (AIC = 18500; BIC = 18830; LL = −9110) dibandingkan model bifactor dan non-kompensatori. Model ini cocok digunakan dalam konteks pendidikan Islam karena mengakomodasi kontribusi masing-masing dimensi yang saling melengkapi. Analisis Differential Item Functioning (DIF) menunjukkan bahwa 93% item tidak menunjukkan bias antar sekolah.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan valid dan reliabel dalam mengukur lingkungan pembelajaran Islam secara multidimensional dan adil. Instrumen ini dapat digunakan untuk diagnosis pembelajaran, evaluasi mutu, dan perumusan kebijakan di sekolah Islam menengah. Kata Kunci: lingkungan pembelajaran, pendidikan Islam, validitas konstruk, CFA, MIRT kompensatori, multidimensi.
Availability
2025000518mujPEP/sin MUJ 2025Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PEP/sin MUJ 2025

Publisher

Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

40 hlm. : ilus. ; 21 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.