Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Peningkatan Kinerja Guru melalui Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Pelatihan, dan Pendampingan pada SMK Pusat Keunggulan di Provinsi Jawa Barat/ NUR BERLIAN VENUS ALI

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan mengeksplorasi pengaruh tiga faktor determinan yakni kepemimpinan transformasional kepala sekolah, pendampingan, dan pelatihan, terhadap kinerja guru pada SMK pelaksana program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) di Provinsi Jawa Barat. Penelitian menggunakan metode campuran jenis sekuensial eksplanatori dua tahap, dari kuantitatif dilanjutkan ke kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh SMK PK di Provinsi Jawa Barat yang berjumlah 278 sekolah. Sampel sekolah berjumlah 222 SMK PK yang tersebar di 13 regional (cabang dinas pendidikan provinsi). Dari setiap sampel sekolah ditentukan responden guru berjumlah 5 orang, sehingga jumlah responden guru mencapai 1.110 orang. Data kuantitatif dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner yang berisi skala tanggapan. Data kualitatif dikumpulkan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi di empat SMK PK yang dipilih secara purposif. Analisis data dilakukan secara kuantitatif baik deskriptif maupun uji hipotesis dengan teknik analisis jalur model PLS-SEM menggunakan aplikasi SmartPLS. Analisis kualitatif dilakukan untuk mendalami temuan data kuantitatif dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian: 1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh langsung terhadap kinerja guru SMK PK. 2) Pendampingan berpengaruh langsung terhadap kinerja guru SMK PK. 3) Pelatihan berpengaruh langsung terhadap kinerja guru SMK PK. 4) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh tidak langsung melalui pelatihan terhadap kinerja guru SMK PK. 5). Pendampingan tidak berpengaruh secara tidak langsung melalui pelatihan terhadap kinerja guru SMK PK. 6) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah, pendampingan, dan pelatihan berpengaruh langsung terhadap kinerja guru SMK PK secara simultan. Dengan demikian, disimpulkan bahwa kinerja guru SMK PK dapat ditingkatkan melalui kepemimpinan transformasional kepala sekolah, pendampingan, dan pelatihan. Penelitian ini memiliki keterbatasan dalam penggunaan variabel yang tergolong baru, yaitu pendampingan dan pelatihan untuk menganalisis kinerja guru. Sebab itu, hasil penelitian ini masih dapat diteliti dan dikembangkan lebih lanjut. Kata kunci: kepemimpinan transformasional, pendampingan, pelatihan, kinerja guru, SMK PK.
Availability
D1563MP/ds D1563Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

MP/ds D1563

Publisher

Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

xiv, 332 hlm.: ilus.; 29,5 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.