Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah English for Eudcational Technologists dengan Mengintegrasikan Pembelajaran Adaptif Sesuai Aktualisasi Kearifan Lokal/ LUH PUTU PUTRINI MAHADEWI

No image available for this title
Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk: (1) menghasilkan sebuah model pembelajaran Mata Kuliah English for Educational Technologists dengan mengintegrasikan pembelajaran adaptif sesuai aktualisasi kearifan lokal, (2) menghasilkan hasil analisis kelayakan model pembelajaran Mata Kuliah English for Educational Technologists dengan mengintegrasikan pembelajaran adaptif sesuai aktualisasi kearifan lokal, dan (3) menguji efektivitas model pembelajaran Mata Kuliah English for Educational Technologists dengan mengintegrasikan pembelajaran adaptif sesuai aktualisasi kearifan lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) memadukan model Borg and Gall, Model Dick and Carey dan Model SAM dua fase. Teknik pengumpulan data yang digunakan, meliputi: field notes, kuesioner dan tes hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah lembar field notes, lembar kuesioner dan perangkat tes hasil belajar. Data yang terkumpul melalui instrumen-instrumen penelitian selanjutnya diolah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial uji t sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) telah dihasilkannya model pembelajaran Mata Kuliah English for Educational Technologists dengan mengintegrasikan pembelajaran adaptif sesuai aktualisasi kearifan lokal yang terdiri dari lima sintaks: readiness (R), exploration (E), group activity (G), assessment (A), reflection (R) dan decision making (D); (2) model pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan pada Mata Kuliah English for Educational Technologists berdasarkan reviu para ahli (ahli desain pembelajaran sebesar 4.95, ahli materi pembelajaran sebesar 4,98, ahli media pembelajaran sebesar 5,00 dan ahli teknologi informasi sebesar 4,80) dan uji coba pada mahasiswa (uji coba perorangan sebesar 4,87, uji coba kelompok kecil sebesar 4,81 dan uji coba lapangan sebesar 4,58); dan (3) model pembelajaran yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar Mata Kuliah English for Educational Technologists sebesar 29,16, hasil uji t sampel berpasangan menunjukkan thitung (23,827) > ttabel (2,060) pada df 25, α  0.05, dan N-Gain sebesar 0,7056 (tinggi). Direkomendasikan agar model pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan pada Mata Kuliah English for Educational Technologists berikutnya dengan memperhatikan persyaratan pendukung.
Availability
D1560TP/ds D1560Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

TP/ds D1560

Publisher

Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

xviii, 290 hlm.: ilus.; 29,5 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.