Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Strategi Complexity Leadership dalam Meningkatkan Kompetensi Digital (Studi Mixed Method pada Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Penggerak di DKI Jakarta)

No image available for this title
Perkembangan teknologi yang pesat menuntut guru untuk cakap dalam bidang digital. Peran kepemimpinan komplesitas kepala sekolah menjadi penting untuk memengaruhi mereka dalam menguasai digital tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh complexity leadership terhadap kompetensi digital guru serta menelaah secara kritis kepemimpinan administratif, kepemimpinan adaptif, dan kepemimpinan bersama dalam meningkatkan kompetensi digital tersebut. Metode campuran dengan desain eksplanatori digunakan untuk memperoleh hasil yang komprehensif. Survei dilakukan terhadap 291 guru untuk memperoleh data kuantitatif sedangkan wawancara mendalam digunakan untuk memperoleh data kualitatif. Pertama, hasil penelitian menunjukkan bahwa complexity leadership memiliki pengaruh positif terhadap kompetensi digital guru sebesar 79,7%. Semakin besar peningkatan yang terjadi pada complexity leadership yang meliputi aspek kepemimpinan administratif, kepemimpinan adaptif, dan kepemimpinan bersama maka akan berdampak kepada meningkatnya kompetensi digital guru. Kedua, kepemimpinan administratif memiliki nilai efek f square sebesar 0,114 dengan kategori sedang. Kontribusi kepemimpinan administratif cukup penting dalam menjelaskan variabel kompetensi digital guru dengan merumuskan kebijakan, menyusun tugas, perencanaan dan membangun visi. Ketiga, nilai efek f-square kepemimpinan adaptif terhadap kompetensi digital guru sebesar 0,105, yang termasuk dalam kategori sedang. Hal ini mengindikasikan bahwa kepemimpinan adaptif kepala sekolah memberikan kontribusi yang cukup berarti terhadap kompetensi digital guru dengan mengedepankan kerja sama, kolaborasi, membangun ide-ide baru, membangun kepercayaan dan pemberian ruang untuk pengembangan guru. Keempat, nilai efek f-square dari kepemimpinan bersama terhadap kompetensi digital guru sebesar 0,077, yang termasuk dalam kategori kecil. Besarnya kontribusi kepemimpinan tersebut masih terbatas atau tidak dominan namun dapat diperkuat dengan tindakan terkoordinasi, hubungan kerja yang baik, solusi terhadap masalah, dan pengambilan keputusan yang tepat. Temuan ini memberikan pengalaman dan wawasan baru tentang implementasi teori complexity leadership kepala sekolah dan kompetensi digital guru dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan implikasinya terhadap pencapaian tujuan pendidikan.
Availability
2025000536aniMP/sin ANI 2025Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

MP/sin ANI 2025

Publisher

Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

43 hlm.: ilus.; 21 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.