Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Coaching Model “GAARANTUNG” Berorientasi pada Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Jenjang Sekolah Dasar

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan coaching model GAARANTUNG yang terkategori layak, efektif, dan praktis dalam mengoptimalkan kompetensi manajerial kepala sekolah jenjang sekolah dasar (SD) di wilayah perbatasan. Desain penelitian ini merujuk pada penelitian pengembangan dengan mengadopsi langkah-langkah pengembangan dari Design and Development Reseacrh (DDR) tipe 2 dengan metode Mixed Method tipe explanatory sequential design. Pengumpulan data terlebih dahulu dilakukan secara kuantitatif dilanjutkan dengan data kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes, penilaian project, angket kepuasan, dan lembar observasi, instrumen validasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis untuk menjawab kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan model yang dikembangkan. Analisis kelayakan dilakukan melalui expert judgment, analisis keefektifan dianalisis dengan menggunakan uji Wilxocon, uji N-Gain, serta penilaian project dan analisis kepraktisan didapat melalui lembar observasi serta angket kepuasaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari aspek kelayakan, coaching model GAARANTUNG yang dikembangkan berkategori layak, dibuktikan dari penilaian yang diberikan oleh expert yang terdiri dari ahli instrumen, ahli media, dan ahli materi. Selanjutnya, coaching model GAARANTUNG juga berkategori efektif yang dibuktikan melalui melalui uji N-Gain dengan peningkatan signifikan kategori sedang, kemudian uji Wilcoxon yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan kompetensi manajerial kepala sekolah SD setelah mengikuti kegiatan pelatihan, serta analisis kinerja melalui project yang dihasilkan. Hasil analisis kepraktisan menunjukkan bahwa adanya respon positif dari peserta yang mengikuti pelatihan dengan coaching model GAARAANTUNG. Secara keseluruhan, coaching model GAARANTUNG memenuhi kriteria kepraktisan dan kelayakan, serta dapat berkontribusi pada pengembangan keterampilan manajerial kepala sekolah, yang pada gilirannya berdampak positif terhadap pengelolaan sekolah yang optimal dalam menyusun perencanaan sekolah; pengembangkan organisasi sekolah; menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif; pengelolaan keuangan sekolah yang sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien; serta terhadap pemanfaatan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah.
Availability
2025000537yosTP/sin YOS 2025Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

TP/sin YOS 2025

Publisher

Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

42 hlm.: ilus.; 21 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.