Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pembelajaran Percakapan Bahasa Inggris pada Sekolah Menengah Pertama Boarding School (Suatu Penelitian Etnografi Pedagogik)/ AFRIZAL

No image available for this title
Dukungan situasi lingkungan yang menunjang proses pembelajaran Bahasa Inggris merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya pada keterampilan berbicara. Dalam banyak hal kondisi ini belum dapat diwujudkan pada pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah formal yang berbasis kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai proses pembelajaran percakapan bahasa Inggris pada Sekolah Menegah Pertama berbasis Boarding School. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode etnografi model Spradley. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2021 sampai dengan September 2023. Pengumpulan data dilakukan melalui partisipasi langsung terhadap latar penelitian dengan melakukan wawancara, observasi langsung, studi dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa dapat berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Tujuan khusus nya siswa dapat menguasai keterampilan bahasa khususnya percakapan dalam bahasa Inggris. (2) Strategi yang digunakan oleh siswa dalam belajar bahasa Inggris yaitu: strategi kognitif, strategi metakognitif, strategi sosial dan strategi pengolahan sumber daya. (3) Kurikulum pembelajaran bahasa Inggris di SMP Boarding School kurikulum pemerintah, dan kurikulum SMP Boarding School sendiri. Kurikulum dan silabus pembelajaran bahasa Inggris yang digunakan di SMP Boarding School menggunakan kurikulum terpisah (separated Curriculum). (5) Peran guru sebagai motivator, instruktur, monitor, supervisor, fasilitator dan korektor terhadap kegiatan pembelajaran dan pemerolehan bahasa Inggris, dan peran santri sebagai partner, fasilitator dan monitor bagi teman nya.(6) Sistem Evaluasi di SMP Boarding School termasuk dalam jenis achievement tes, aptitude test dan evaluasi standar.
Availability
D1566LT/ds D1566Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

LT/ds D1566

Publisher

Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

xiv, 288 hlm.: ilus.; 29,5 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.