Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengaruh Model Pembelajaran dan Pengetahuan Metakognitif terhadap Hasil Belajar Pemeliharaan Sasis Kendaraan Ringan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan/ SITI MUAWANAH

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran yaitu
flipped classroom (A1), STEM (A2), direct instruction (A3) dan pengetahuan
metakognitif terhadap hasil belajar siswa pada materi Pemeliharaan Sasis
Kendaraan Ringan. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan
desain treatment by level 3 x 2 dengan populasi seluruh siswa kelas XI dan sampel
penelitian tiga kelas. Instrumen hasil belajar menggunakan tes berbentuk pilihan
ganda sedangkan instrumen pengetahuan metakognitif berupa instrumen non tes
berbentuk inventory. Analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua
jalur dengan uji F pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
1) Hipotesis pertama (H1): rata-rata hasil belajar yang menggunakan A1 (µA1) lebih
tinggi dari A2 (µA2) dan A3 (µA3) adalah teruji; 2) Hipotesis kedua (H1): Interaksi A
xB ≠ 0 adalah teruji; 3) Hipotesis ketiga yaitu µA1 > µA2 adalah teruji; 4) Hipotesis
keempat yaitu µA1 > µA3 adalah teruji; 5) Hipotesis kelima yaitu µA2 > µA3 adalah
teruji, 6) Hipotesis keenam yaitu µA1B1 > µA2B1 adalah teruji; 7) Hipotesis ketujuh
yaitu µA1B1 > µA3B1 adalah teruji; 8) Hipotesis kedelapan yaitu µA2B1 > µA3B1 adalah
teruji; 9) Hipotesis sembilan yaitu µA1B2 < µA2B2 adalah belum teruji; 10) Hipotesis
kesepuluh yaitu µA1B2 < µA3B2 adalah belum teruji; 11) Hipotesis kesebelas yaitu
µA2B2 < µA3B2 adalah belum teruji. Penggunaan berbagai model pembelajaran bisa
meningkatkan hasil belajar siswa untuk pengetahuan metakognitif tinggi.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Flipped Classroom, STEM, Direct
Instruction, Pengetahuan Metakognitif, Hasil Belajar, Pemeliharaan
Sasis Kendaraan Ringan
Availability
D1577TP/ds D1577Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

TP/ds D1577

Publisher

Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

xxiv, 346 hlm.: ilus.; 29,5 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.