Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Laboratorium dan Kecerdasan Logis Matematis tehadap Hasil Belajar Mata Kuliah Aljabar Linear/ DARMIN DAFID

No image available for this title
Strategi pembelajaran dengan menekankan pada penggunaan media memainkan peranan yang sangat penting dalam menentukan kualitas pembelajaran, mulai dari tahapan perencanaan hingga pada tahapan evaluasi hasil pembelajaran khususnya pembelajaran matematika pada pendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan selisih rata-rata pembelajaran berbasis laboratorium dibandingkan dengan strategi pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) dan strategi pembelajaran DI (Direct Instruction), baik pada peserta didik yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah maupun pada peserta didik yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi. Metode Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen treatmen by level 3×2 dengan tiga tingkat kualifikasi variabel bebas: strategi pembelajaran berbasis laboratorium, strategi pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education), dan strategi pembelajaran DI (Direct Instruction). Hasil penelitian ini adalah pada hasil belajar mata kuliah aljabar linear antara peserta didik yang diajar menggunakan strategi pembelajaran berbasis laboratorium dengan peserta didik yang diajar menggunakan strategi pembelajaran DI (Direct Instruction), dan yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) terdapat perbedaan. Nilai selisih rata-rata (mean Difference) pembelajaran berbasis laboratorium lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) dan strategi pembelajaran DI (Direct Instruction). Aljabar Linear pada peserta didik dengan kecerdasan logis matematis tinggi dan rendah. Hal ini sejalan dengan penjelasan bahwa orang yang berilmu akan lebih mudah menerima atau memahami pelajaran. Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar aljabar linear. Berdasarkan hasil penelitian dijelaskan bahwa antara strategi pembelajaran dengan kecerdasan logis matematis merupakan suatu bentuk interaksi atau pengaruh strategi pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar mata kuliah aljabar linier atau sebaliknya.
Availability
D1574TP/ds D1574Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

TP/ds D1574

Publisher

Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

xvi, 319 hlm.: ilus.; 29,5 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.