Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Evaluasi Implementasi Program Tahfizh Al-Quran di IIQ Jakarta dan PTIQ Jakarta/ FIFIN PRATIWI

No image available for this title
Indonesia, sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim, memiliki tantangan
besar dalam meningkatkan literasi Al-Qur‘an di kalangan masyarakat. Meskipun
Islam menjadi agama mayoritas, masih terdapat kesenjangan signifikan dalam
kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur‘an. Program tahfizh Al-Qur‘an
menjadi solusi strategis untuk memperkuat pemahaman dan kemampuan membaca
Al-Qur‘an. Dalam hal ini, Perguruan tinggi IIQ Jakarta dan PTIQ Jakarta telah
menunjukkan komitmen luar biasa dalam mengintegrasikan program tahfizh sebagai
bagian penting dari kurikulum mereka. Meskipun memiliki prestasi yang signifikan,
implementasi program tahfizh di kedua institusi ini masih menghadapi sejumlah
tantangan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi implementasi program tahfizh AlQur‘an di IIQ Jakarta dan PTIQ Jakarta menggunakan model evaluasi CIPP
(Context, Input, Process, Product). Evaluasi ini memberikan gambaran menyeluruh
mengenai kekuatan dan peluang yang ada. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat
memberikan referensi dalam pengembangan program tahfizh di perguruan tinggi
Islam lainnya, serta mendukung penguatan identitas akademik dan daya saing IIQ
dan PTIQ Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik
pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis
data dilakukan melalui tahapan reduksi, kategorisasi, interpretasi, serta visualisasi
menggunakan software NVivo untuk memetakan tema dan keterkaitan antar kategori
evaluatif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pada aspek konteks, program tahfizh
dirancang berdasarkan visi dan misi keislaman yang kuat serta kebutuhan untuk
melestarikan tradisi hafalan Al-Qur'an. Pada aspek input, kedua perguruan tinggi
telah menyediakan sumber daya manusia yang kompeten dan kurikulum yang
memadai. Aspek proses menunjukkan bahwa pelaksanaan program dan metode
pembelajaran berjalan sesuai perencanaan dan telah terintegrasi dengan sistem
pendidikan nasional. Evaluasi dilakukan secara berkala untuk memonitor kualitas
pengajaran dan hafalan mahasiswa. Pada aspek produk, lulusan program tahfizh
memiliki kualitas hafalan yang baik. Penelitian ini menghasilkan model konseptual
evaluasi program tahfizh berbasis CIPP yang dapat dijadikan acuan untuk
pengembangan standar mutu dan kebijakan program tahfizh di perguruan tinggi
Islam di Indonesia. Meskipun model ini bersifat hipotetik, pengujian empiris pada
tahap berikutnya diperlukan untuk validasi lebih lanjut. Secara keseluruhan,
implementasi program tahfizh di IIQ dan PTIQ Jakarta berjalan efektif. Evaluasi
berbasis kerangka CIPP memberikan gambaran bahwa tata kelola yang baik sangat
penting bagi keberlanjutan program tahfizh di Perguruan Tinggi.
Kata Kunci: Evaluasi Program, Tahfizh Al-Qur‘an, Model CIPP, Pendidikan Tinggi
Islam, IIQ Jakarta, PTIQ Jakarta.
Availability
D1582MP/ds D1582Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

MP/ds D1582

Publisher

Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

xviii, 452 hlm.: ilus.; 29,5 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.