Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Manajemen Sekolah Adat Kampoeng Batara Papring Jawa Timur (Studi Kasus pada Sekolah Adat Kampoeng Batara Papring Jawa Timur

No image available for this title
Sekolah adat di Indonesia menghadapi tantangan kompleks akibat modernisasi, industrialisasi, dan marginalisasi sistemik yang mengancam keberlanjutan pengetahuan lokal. Penelitian ini bertujuan menganalisis dinamika manajemen pendidikan dan mengonstruksi model konseptual pengelolaannya melalui studi kasus tunggal di Sekolah Adat Kampoeng Batara, Banyuwangi, sebagai model pendidikan berbasis komunitas adat yang berhasil mengintegrasikan pelestarian budaya dengan pemberdayaan sosioekonomi. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, analisis dokumen, dan diskusi kelompok terarah, kemudian dianalisis secara tematik interpretatif. Temuan utama mengungkap bahwa perencanaan manajerial berakar kuat pada musyawarah komunitas, melahirkan kurikulum kontekstual yang memadukan pendidikan karakter berbasis rasa, seni tradisional, dan literasi digital. Struktur pengorganisasian menunjukkan tata kelola yang desentralistik dan pengelolaan pembiayaan yang transparan, dengan sekolah berfungsi sebagai pusat distribusi kerajinan, yang secara signifikan meningkatkan pendapatan pengrajin lokal. Mekanisme pengawasan melibatkan refleksi kolektif dan pemantauan internal komunitas, memastikan keselarasan praktik dengan nilai adat dan keberlanjutan program. Studi ini mengonstruksi kerangka kerja manajemen unik yang disebut Model Manajemen BATARA, berdasarkan prinsip budaya, alam, pertumbuhan, inklusivitas, dan afiliasi, merepresentasikan hibridisasi kearifan lokal dengan praktik modern tanpa mengikis nilai ritual. Penelitian ini meredefinisi konsep pendidikan berbasis komunitas dengan menekankan kepemimpinan desentralisasi dan adaptasi kurikulum yang responsif terhadap disrupsi eksternal. Kontribusinya mencakup model manajemen inovatif untuk pendidikan adat dan rekomendasi kebijakan untuk ketahanan budaya melalui pembelajaran transgenerasional, memposisikan sekolah adat sebagai katalisator pembangunan berkelanjutan. Kata Kunci : Manajemen, Sekolah adat, Kearifan Lokal, pendidikan berbasis komunitas, Pengelolaan Lingkungan Hidup
Availability
2025000561rusMP/sin RUS 2025Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

MP/sin RUS 2025

Publisher

Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

91 hlm.: ilus.; 21 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.