Pengembangan Model Parenting untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Anak Usia Dini
Masalah lingkungan global, seperti perubahan iklim, polusi, dan kerusakan ekosistem, semakin mendesak untuk segera diatasi karena dampaknya terhadap kehidupan manusia di masa depan. Salah satu pendekatan yang dapat membantu meningkatkan kesadaran dan literasi lingkungan pada anak-anak adalah melalui keterlibatan orang tua dalam proses pengasuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model parenting yang dapat meningkatkan literasi lingkungan pada anak usia dini. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan menggabungkan model pengembangan, yaitu model Borg and Gall yang dikombinasikan dengan model Dick and Carey dan model ADDIE. Penelitian pengembangan ini menghasilkan model konseptual, model prosedural, dan model fisikal berupa produk utama 1 buku model EcoparenThink, empat seri buku panduan EcoparenThink untuk orangtua, serta produk penyerta berupa buku aktivitas anak Aku Penjaga Bumi, video animasi, buku cerita bergambar, lagu anak, dan alat permainan. Model ini telah divalidasi oleh pakar Pendidikan Lingkungan, pakar Pendidikan Anak Usia Dini, pakar media pembelajaran, dan pakar bahasa, serta dinyatakan layak digunakan sebagai model parenting untuk meningkatkan literasi lingkungan anak usia dini. Model ini juga telah diuji coba melalui uji coba satu-satu, uji coba kelompok terbatas, dan uji coba kelompok besar. Uji efektivitas dilakukan dengan melaksanakan uji coba di tiga lembaga PAUD di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, mewakili provinsi dengan Indeks Ketidakpedulian Lingkungan Hidup yang tinggi. Hasil validasi, uji coba, dan uji efektivitas menunjukkan bahwa model yang dikembangkan layak dan efektif dalam meningkatkan literasi lingkungan anak usia dini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penelitian berhasil mengembangkan model parenting yang dibangun dengan mengintegrasikan teori kelekatan, teori belajar sosial, teori perkembangan ekologi, gaya pengasuhan, dan teori keterlibatan orangtua dalam proses pengasuhan secara efektif meningkatkan literasi lingkungan anak. Model ini berhasil membentuk parenting yang lebih terarah, meningkatkan kepercayaan diri orangtua dalam melakukan pengasuhan, meningkatkan pengetahuan dan keterlibatan orang tua dalam pengasuhan, serta meningkatkan literasi lingkungan anak. Selain itu, terdapat perubahan signifikan dalam perilaku positif yang ditunjukkan oleh orang tua dan anak, seperti penerapan nilai-nilai peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model parenting yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan literasi lingkungan anak usia dini. Penerapan model ini tidak hanya membantu meningkatkan kesadaran anak terhadap isu lingkungan, tetapi juga menginspirasi perubahan perilaku positif di kalangan orang tua. Oleh karena itu, penelitian ini berkontribusi pada pengembangan pendidikan lingkungan yang lebih berkelanjutan dan dapat diterapkan dalam konteks keluarga untuk menciptakan generasi yang lebih peduli terhadap keberlanjutan lingkungan.
2025000565khu | PAUD/sin KHU 2025 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Call Number
PAUD/sin KHU 2025
Publisher
Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ :
Jakarta.,
2025
Collation
55 hlm.: ilus.; 21 cm.
Statement of Responsibility
-
No other version available