Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Evaluasi Implementasi Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif pada Lembaga PAUD di Kabupaten Bogor

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Program
Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) di Kabupaten
Bogor. Latar belakang penelitian adalah pentingnya pengembangan anak usia dini
secara holistik untuk memastikan tumbuh kembang yang optimal, mencakup
aspek kesehatan, gizi, pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan. Namun,
implementasi PAUD HI di lapangan belum berjalan optimal, dengan berbagai
kendala seperti kurangnya pemahaman guru, minimnya sosialisasi, keterbatasan
sarana, dan lemahnya sinergi antar lembaga. Penelitian ini menggunakan model
evaluasi kombinasi CSE-UCLA dan CIPPO, untuk memperoleh analisis
komprehensif dari input, proses, hingga outcome program. Data dikumpulkan
melalui wawancara, dan observasi pada lembaga PAUD di Kabupaten Bogor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program PAUD HI belum sepenuhnya
efektif, dengan permasalahan utama berupa rendahnya kualitas pengajaran
holistik, minimnya kolaborasi lintas sektor, dan kurangnya dukungan fasilitas.
Kesimpulan penelitian menekankan perlunya peningkatan pemahaman dan
kapasitas guru, penguatan koordinasi lintas sektor, serta pengadaan saranaprasarana yang memadai. Rekomendasi diberikan kepada pemangku kebijakan
untuk memperkuat sosialisasi dan pelatihan kepada guru, melibatkan lebih banyak
stakeholder dalam implementasi program, dan memastikan keberlanjutan program
melalui evaluasi berkala. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap
peningkatan kualitas PAUD HI, khususnya di Indonesia.
Kata Kunci: PAUD Holistik Integratif, Evaluasi Program, Pendidikan Anak Usia
Dini, Kabupaten Bogor, Model CSE-UCLA, Model CIPPO
Availability
2025000571chaPEP/sin CHA 2025Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PEP/sin CHA 2025

Publisher

Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

29 hlm.: ilus.; 21 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.