Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengaruh Disposisi Matematis, Motivasi Berprestasi, Berpikir Kritis Matematis, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Terhadap Hasil Penilaian Prtofolio Dokumen

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan disposisi matematis, motivasi berprestasi, berpikir kritis matematis, dan kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap hasil penilaian portofolio dokumen. Penelitian ini menggunakan metode mix method yang memadukan penelitian kuantitatif dan metode kualitatif, penelitian kualitatif digunakan untuk memperjelas dan mengkomfirmasi hasil penelitian kuantitatif. Sampel untuk penelitian kuantitatif ini terdiri dari 172 orang dan penelitian kualitatif melibatkan 10 orang mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Teknik pengambilan sampel dalam analisis kuantatif menggunakan cluster random sampling dan teknik pengambilan sampel dalam analisi kualitatif menggunakan Convenience sampling. Pengumpulan data disposisi matematis, motivasi berprestasi, berpikir kritis dengan skala sikap. Data kemampuan pemecahan masalah melalui pemberian tes uraian, sedangkan data hasil penilaian portofolio dokumen dilakukan melalui teknik dokumenter pemberian tugas analisis jurnal dan tugas menyusun makalah literatur review. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) disposisi matematis memiliki pengaruh langsung positif terhadap motivasi berprestasi, (2) disposisi matematis tidak memiliki pengaruh positif langsung terhadap berpikir kritis matematis, (3) disposisi matematis tidak memiliki pengaruh langsung positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (4) disposisi matematis tidak memiliki pengaruh langsung positif terhadap hasil penilaian portofolio dokumen, (5) motivasi berprestasi memiliki pengaruh langsung positif terhadap terhadap berpikir kritis matematis, (6) motivasi berprestasi tidak memiliki pengaruh langsung positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (7) motivasi berprestasi memiliki pengaruh langsung positif terhadap hasil penilaian portofolio dokumen, (8) berpikir kritis matematis tidak memiliki pengaruh positif langsung terhadap kmampuan pemecahan masalah matematis, (9) berpikir kritis matematis tidak memiliki pengaruh langsung positif terhadap penilaian hasil portofolio dokumen, (10) kemampuan pemecahan masalah matematis memiliki pengaruh langsung positif terhadap penilaian portofolio dokumen, (11) disposisi matematis memiliki pengaruh tidak langsung positif terhadap penilaian portofolio dokumen melalui motivasi berprestasi, (12) disposisi matematis tidak memiliki pengaruh mediasi melalui berpikir kritis matematis terhadap penilaian hasil penilaian portofolio dokumen, (13) motivasi berprestasi tidak memiliki pengaruh mediasi melalui berpikir kritis matematis terhadap hasil penilaian portofolio dokumen, (14) disposisi matematis tidak memiliki pengaruh mediasi melalui kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap hasil penilaian portofolio dokumen, (15) motivasi berprestasi tidak memiliki pengaruh mediasi melalui kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap hasil penilaian portofolio dokumen, (16) berpikir kritis matematis tidak memiliki pengaruh mediasi melalui kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap hasil penilaian portofolio dokumen, (17) disposisi matematis tidak memiliki pengaruh mediasi melalui motivasi berprestasi dan kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap hasil penilaian portofolio dokumen,(18) disposisi matematis tidak memiliki pengaruh mediasi melalui berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap hasil penilaian portofolio dokumen, (19) motivasi berprestasi tidak memiliki pengaruh mediasi melalui berpikir kritis matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap hasil penilaian portofolio dokumen, (20) Disposisi matematis tidak memiliki pengaruh mediasi melalui motivasi berprestasi, berpikir kritis matematis, dan kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap hasil penilaian portofolio dokumen.
Availability
2025000573firPEP/sin FIR 2025Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PEP/sin FIR 2025

Publisher

Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

55 hlm.: ilus.; 21 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.