Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Motor Turbin dengan Pendekatan Peer Tutoring/ EGO WIDORO

No image available for this title
Pemahaman motor turbin sebagai mesin penggerak pesawat terbang merupakan hal yang sangat penting dalam perawatan pesawat terbang. Ditemukan hasil belajar mata kuliah Dasar Motor Turbin belum maksimal. Penelitian pendahuluan yang dilakukan menemukan kurangnya keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran. Pembelajaran aktif merupakan cara untuk meningkatakan keterlibatan mahasiswa, salah satu bentuk pembelajaran aktif adalah peer tutoring. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran mata kuliah Dasar Motor Turbin dengan pendekatan peer tutoring, menganalisis kelayakan dan efektifitas model pembelajaran yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau yang sering disebut dengan R & D. Sasaran penilitian ini adalah mahasiswa semester tiga program studi Diploma IV Teknik Pesawat Udara, Politeknik Penerbangan Indonesia Curug. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan instruksional Dick et al. dan model pembelajaran yang dikembangkan merupakan kombinasi dari komponen pembelajaran Dick et al., tujuh aturan utama peer tutoring Falchikov, dan aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan pada peer tutoring hasil tinjauan literatur. Melalui evaluasi formatif yang merupakan bagian dari model pengembangan instruksional Dick et al., analisis kelayakan dilakukan dengan hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran dinyatakan layak. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa model pembelajaran mata kuliah Dasar Motor Turbin dengan pendekatan peer tutoring yang diimplementasikan pada mahasiswa semester tiga program studi diploma IV Teknik Pesawat Udara menunjukkan peningkatan signifikan hasil belajar dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 39,733, nilai-g sebesar 0,582 termasuk dalam kategori tingkat efektifitas cukup tinggi atau medium serta ketercapaian kompetensi sebesar 71% dengan kategori baik. Mahasiswa yang terlibat dalam penghitungan efektifitas adalah lima belas mahasiswa. Keterlibatan mahasiswa secara keseluruan juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Untuk ketiga domain keterlibatan mahasiswa yaitu keterlibatan perilaku, keterlibatan emosional, dan keterlibatan kognitif juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Implementasi model pembelajaran mata kuliah Dasar Motor Turbin dengan pendekatan peer tutoring terbukti efektif. Kata kunci: model pembelajaran, motor turbin, peer tutoring, pengembangan sistem instruksional
Availability
D1585TP/ds D1585Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

TP/ds D1585

Publisher

Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

xxi, 599 hlm.: ilus.; 29 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.