Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Model Belajar Keterampilan Renang Gaya Dada Berbasis Augmented Reality (AR) pada Mahasiswa

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk membuat model belajar keterampilan renang gaya dada berbasis Augmented Reality (AR) pada mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dari Borg and Gall dengan subjek mahasiswa program studi pendidikan jasmani. Jumlah subjek pada saat uji coba kelompok kecil sebanyak 10 orang di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Yayasan Pendidikan Ujung Pandang (YPUP) Makassar, uji skala kelompok besar sebanyak 50 orang di Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Makassar, dan pada saat uji efektifitas sebanyak 60 orang dimana 30 orang untuk kelompok kontrol dan 30 orang kelompok eksperimen yang dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Palopo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, angket dan tes penilaian keterampilan renang gaya dada. Penelitian ini menghasilkan 22 item model belajar keterampilan renang gaya dada pada mahasiswa program studi pendidikan jasmani. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain Score tersebut, menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk kelompok kontrol sebesar 35,90 atau 36% termasuk dalam kategori tidak efektif. Sedangkan nilai rata-rata untuk kelompok eksperimen sebesar 59,87 atau 60% termasuk dalam kategori cukup efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa: 1). Penelitian dengan menerapkan metode pengembangan Research and Development (R&D) model Borg and Gall telah berhasil dilaksanakan dan menghasilkan produk berupa model belajar keterampilan renang gaya dada berbasis Augmented Reality (AR) pada mahasiswa; 2). Produk pengembangan berupa model belajar keterampilan renang gaya dada berbasis Augmented Reality (AR), telah terbukti layak dan dapat diimplementasikan oleh dosen pengampuh mata kuliah pembelajaran renang lanjutan dalam upaya meningkatkan keterampilan renang gaya dada pada mahasiswa; 3). Produk pengembangan berupa model belajar keterampilan renang gaya dada berbasis Augmented Reality (AR), telah terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan renang gaya dada pada mahasiswa program studi pendidikan jasmani.
Availability
2025000588miqPENJAS/sin MIQ 2025Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PENJAS/sin MIQ 2025

Publisher

Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

43 hlm.: ilus.; 21 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.