Pengembangan Model Pembelajaran Interactive Lecture Demonstration (ILD) Berbantuan Website untukMeningkatkan Berpikir Kritis pada Mahasiswa PGSD
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran
Interactive Lecture Demonstration (ILD) berbantuan website untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD dalam mata
kuliah Konsep Dasar IPA. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa
pembelajaran masih didominasi ceramah, minim interaktivitas, serta belum
memanfaatkan media digital secara optimal, sehingga berdampak pada
rendahnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Oleh karena itu,
dikembangkanlah website pembelajaran berbasis ILD dengan sintaks Predict–
Experience–Reflect–Evaluate yang dioperasionalkan melalui menu interaktif
“Ayo Bertanya”, “Ayo Bereksplorasi”, “Ayo Menganalisis”, dan “Refleksi”.
Model ini dirancang dengan pendekatan Research and Development (Borg &
Gall), disesuaikan dengan desain instruksional Dick & Carey, serta mengacu
pada Cognitive Theory of Multimedia Learning (Mayer).
Validasi ahli menunjukkan bahwa website sangat layak digunakan,
dengan skor kelayakan dari validasi desain (91,85%), media (93,33%), materi
(94,67%), bahasa (95,56%) dan pengguna dosen (93,75%). Respons
mahasiswa juga sangat positif dengan tingkat kelayakan 91,17%. Peningkatan
signifikan dalam kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada kelas eksperimen
(N-Gain = 0,62), dibandingkan kelas kontrol (N-Gain = 0,36). Website ini
tidak hanya mampu meningkatkan lima indikator berpikir kritis (penjelasan,
penalaran dasar, penarikan kesimpulan, evaluasi dan analisis, serta pengaturan
diri), tetapi juga mendukung pembelajaran kontekstual, fleksibel, dan berbasis
teknologi abad ke-21.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran ILD
berbantuan website efektif dan layak digunakan dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD. Temuan ini memberikan
kontribusi terhadap pengembangan inovasi pembelajaran IPA di pendidikan
tinggi, meskipun masih memiliki keterbatasan dalam cakupan materi dan
wilayah diseminasi. Diharapkan, model ini dapat direplikasi dan
dikembangkan lebih lanjut dalam konteks pembelajaran lain untuk
membangun generasi pendidik yang kritis dan adaptif terhadap perkembangan
zaman.
Kata Kunci: Interactive Lecture Demonstration, Website, Berpikir Kritis,
PGSD, Konsep Dasar IPA
2025000587ann | PD/sin ANN 2025 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Call Number
PD/sin ANN 2025
Publisher
Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ :
Jakarta.,
2025
Collation
39 hlm.: ilus.; 21 cm.
Statement of Responsibility
-
No other version available