Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Model Pembelajaran Interactive Lecture Demonstration (ILD) Berbantuan Website untukMeningkatkan Berpikir Kritis pada Mahasiswa PGSD

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran
Interactive Lecture Demonstration (ILD) berbantuan website untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD dalam mata
kuliah Konsep Dasar IPA. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa
pembelajaran masih didominasi ceramah, minim interaktivitas, serta belum
memanfaatkan media digital secara optimal, sehingga berdampak pada
rendahnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Oleh karena itu,
dikembangkanlah website pembelajaran berbasis ILD dengan sintaks Predict–
Experience–Reflect–Evaluate yang dioperasionalkan melalui menu interaktif
“Ayo Bertanya”, “Ayo Bereksplorasi”, “Ayo Menganalisis”, dan “Refleksi”.
Model ini dirancang dengan pendekatan Research and Development (Borg &
Gall), disesuaikan dengan desain instruksional Dick & Carey, serta mengacu
pada Cognitive Theory of Multimedia Learning (Mayer).
Validasi ahli menunjukkan bahwa website sangat layak digunakan,
dengan skor kelayakan dari validasi desain (91,85%), media (93,33%), materi
(94,67%), bahasa (95,56%) dan pengguna dosen (93,75%). Respons
mahasiswa juga sangat positif dengan tingkat kelayakan 91,17%. Peningkatan
signifikan dalam kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada kelas eksperimen
(N-Gain = 0,62), dibandingkan kelas kontrol (N-Gain = 0,36). Website ini
tidak hanya mampu meningkatkan lima indikator berpikir kritis (penjelasan,
penalaran dasar, penarikan kesimpulan, evaluasi dan analisis, serta pengaturan
diri), tetapi juga mendukung pembelajaran kontekstual, fleksibel, dan berbasis
teknologi abad ke-21.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran ILD
berbantuan website efektif dan layak digunakan dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD. Temuan ini memberikan
kontribusi terhadap pengembangan inovasi pembelajaran IPA di pendidikan
tinggi, meskipun masih memiliki keterbatasan dalam cakupan materi dan
wilayah diseminasi. Diharapkan, model ini dapat direplikasi dan
dikembangkan lebih lanjut dalam konteks pembelajaran lain untuk
membangun generasi pendidik yang kritis dan adaptif terhadap perkembangan
zaman.
Kata Kunci: Interactive Lecture Demonstration, Website, Berpikir Kritis,
PGSD, Konsep Dasar IPA
Availability
2025000587annPD/sin ANN 2025Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PD/sin ANN 2025

Publisher

Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

39 hlm.: ilus.; 21 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.