Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Model Flipped Classroom Kombinasi Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Mahasiswa PGSD

No image available for this title
Kemampuan berpikir kreatif merupakan keterampilan esensial yang perlu dikembangkan pada mahasiswa PGSD, sehingga diperlukan inovasi model pembelajaran yang efektif, salah satunya melalui pengembangan model Flipped Classroom kombinasi Project Based Learning (FliKJect). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran FliKJect untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD, (2) menguji kelayakan model FliKJect, dan (3) menguji efektivitasnya dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengintegrasikan tiga model pengembangan, yaitu Borg and Gall, Dick and Carey, serta Rowntree, dan diperkuat dengan struktur pedagogis dari Joyce. Penelitian dilaksanakan di STKIP Kusuma Negara Jakarta dengan melibatkan mahasiswa PGSD dalam mata kuliah Pendidikan Matematika SD 2. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, validasi ahli, uji coba, serta tes pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model FliKJect berhasil dikembangkan secara sistematis melalui tahapan strategi pembelajaran pada tahap ke-6 model Dick and Carey, dengan pengembangan e-modul dan buku panduan dilakukan pada tahap ke-7 melalui pendekatan Rowntree; (2) model FliKJect beserta perangkat pendukungnya dinyatakan sangat layak berdasarkan validasi para ahli, dengan rata-rata skor 92% untuk model pembelajaran, 93% untuk e-modul, dan 91% untuk buku panduan; serta (3) model FliKJect terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa, ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dan nilai N-Gain sebesar 69,36 dalam kategori sedang. Peningkatan ini mencakup seluruh indikator berpikir kreatif, yaitu fluency, flexibility, elaboration, dan originality.
Availability
2025000586chrPD/sin CHR 2025Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PD/sin CHR 2025

Publisher

Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

44 hlm.: ilus.; 21 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.