Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Toleransi Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Kurikulum Merdeka/ WAHYU AKBARI

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji instrumen penilaian
sikap toleransi untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada
Kurikulum Merdeka di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Instrumen
disusun mengikuti delapan langkah kerangka Robert F. DeVellis (2017),
mulai dari penentuan konstrak hingga optimasi skala . Konstrak toleransi
dikontekstualisasikan ke dalam tiga dimensi Pemahaman Keberagaman,
Empati, dan Sikap Proaktifyang diperoleh melalui sintesis literatur
internasional (ICCS 2022, Sahin, Ferrar) dan wawancara guru Pancasila .
Uji pakar terhadap 44 butir awal melibatkan enam ahli dan menghasilkan
koefisien Fleiss-Kappa 0,667, menunjukkan konsensus substansial . Uji
empiris dilakukan secara daring terhadap 877 siswa SMP negeri dan swasta
selama 21 hari pada Mei 2025 . Analisis Faktor Konfirmatori (CFA)
mempertahankan struktur tiga dimensi, namun menyingkirkan lima butir
(N21, N24, N29, N33, N42) sehingga instrumen final terdiri atas 39
pernyataan . Model CFA menunjukkan kesesuaian sangat baik
(CMIN/DF = 1,844; RMSEA = 0,028; GFI = 0,983) .
Reliabilitas internal sangat tinggi (α total = 0,95; dimensi 0,85–0,94) dan
Construct Reliability > 0,90, meskipun AVE
Availability
T1220PEP/ts T1220Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PEP/ts T1220

Publisher

Prodi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

vii, 285 hlm.: ilus.; 29,5 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.