Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Strategi Pembelajaran Think Talk Write untuk Menulis Akademik Bahasa Inggris melalui Flipped Learning (Penelitian dan Pengembangan di Program Studi Bahasa Inggris Universitas Banten Jaya)

No image available for this title
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan strategi pembelajaran think talk write untuk menulis akademik Bahasa Inggris melalui flipped learning. Ada lima masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu análisis kebutuhan, análisis strategi pembelajaran yang sedang digunakan, rancangan produk strategi pembelajaran TTW, uji kelayakan strategi pembelajaran TTW yang telah dikembangkan, dan hasil akhir produk pengembangan strategi pembelajaran TTW. Karakteristik produk yang dikembangkan adalah strategi pembelajaran think talk write untuk pembelajaran menulis akademik Bahasa Inggris yang diaplikasikan melalui flipped learning yang terimplementasi menggunakan google classroom, WA, dan LMS. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian mix methods research yaitu menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Sementara metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (research and development). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini mengacu pada konsep Borg dan Gall. Data dalam penelitian ini ada dua jenis yaitu data kualitatif yang diambil melalui hasil pengamatan, dokumen, dan wawancara. Sedangkan data kuantitatif diambil dari data tes yang diambil pada tahap uji coba kelompok besar. Sumber data pada penelitian ini adalah mahasiswa, dosen pengampu mata kuliah, pakar, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dokumen, FGD, dan tes menulis. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1) hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan strategi pembelajaran menulis akademik Bahasa Inggris yang bisa sesuai pada kebutuhan konteks mata kuliah menulis Bahasa Inggris, fasilitas perangkat teknologi yang dimiliki mahasiswa, dosen, dan lembaga pendidikan, strategi yang bisa membangun pola berpikir kritis dan kreatifitas untuk mengembangkan tulisan. 2) Strategi pembelajaran untuk kelas menulis pada kelas daring terkesan konvensional dan mahasiswa pasif. 3) Rancangan konsep strategi pembelajaran TTW untuk kelas menulis akademik Bahasa Inggris melalui flipped learning telah disesuaikan dengan konsep think talk write sesuai analisis kebutuhan. 4) Pada tahap uji coba kelompok kecill dan penilaian awal oleh pakar dan rekan sejawat, draf awal diperbaiki pada bagian pengembangan kreatifitas strategi pembelajaran TTW, peningkatan peran mahasiswa dalam proses belajar, materi yang diberikan harus memenuhi kebutuhan mahasiswa dikembangkan dalam proses think dan talk, dan mempertajam aktifitas mahasiswa pada tahap talk. Sedangkan hasil uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa strategi pembelajaran TTW dinilai layak dan efektif. 5) Strategi pembelajaran TTW telah memiliki penambahan langkah yaitu retalk dan pada konsep akhir ini ada penambahan aplikasi teknologi yaitu LMS yang digunakan oleh dosen sebagai sumber belajar. Kata Kunci: Bahasa Inggris, Flipped Learning, Menulis Akademik, Strategi TTW.
Availability
2025000611meiLT/sin MEI 2024Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

LT/sin MEI 2024

Publisher

Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

131 hlm.: ilus.; 21 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.