Kepuasan Kerja Ditinjau dari Iklim Organisasi, Bebas Kerja dan Pengembangan Karier pada Operator Sekolah Dasar Negeri di Jakarta Selatan
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklim organisasi, beban kerja,
dan pengembangan karier terhadap kepuasan kerja operator Sekolah Dasar Negeri
di wilayah Jakarta Selatan. Penelitian ini juga mengeksplorasi hubungan mediasi
pengembangan karier antara iklim organisasi dan beban kerja terhadap kepuasan
kerja. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik
analisis jalur (path analysis) dan dengan teknik analisis data menggunakan SEM
(Structural Equtional Modelling) untuk menguji hubungan antar dimensi maupun
indikator. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh operator sekolah
dasar di Jakarta Selatan, dengan responden sebanyak 222 orang. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa iklim organisasi memiliki pengaruh langsung positif yang
signifikan terhadap kepuasan kerja, dengan nilai koefisien jalur sebesar 1,002.
Beban kerja juga memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kepuasan
kerja, meskipun dengan pengaruh yang lemah (koefisien 0,003). Selanjutnya,
pengembangan karier memiliki pengaruh negatif yang kecil tetapi signifikan
terhadap kepuasan kerja (koefisien -0,006), yang mengindikasikan perlunya
perbaikan dalam implementasi strategi pengembangan karier. Selain itu, ditemukan
bahwa iklim organisasi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap
pengembangan karier (koefisien 0,436), sementara beban kerja juga berpengaruh
positif terhadap pengembangan karier (koefisien 0,401). Analisis mediasi
menunjukkan bahwa pengembangan karier menjadi mediator negatif antara
hubungan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja (koefisien -0,003) serta beban
kerja terhadap kepuasan kerja (koefisien -0,002). Hal ini mengindikasikan bahwa
meskipun pengembangan karier berpotensi meningkatkan kepuasan kerja,
pengelolaan pengembangan karier yang tidak optimal dapat menimbulkan efek
negatif. Implikasi teoritis dari penelitian ini menegaskan pentingnya iklim
organisasi, pengelolaan beban kerja, dan pengembangan karier sebagai faktor
utama dalam model kepuasan kerja operator sekolah. Secara praktis, penelitian ini
merekomendasikan strategi peningkatan kepuasan kerja melalui penguatan
hubungan interpersonal, pembagian beban kerja yang wajar, peluang pelatihan
berbasis kebutuhan, dan insentif berbasis kinerja. Model empirik yang diusulkan
memberikan panduan implementasi strategis untuk meningkatkan kepuasan kerja
operator sekolah di wilayah Jakarta Selatan, sehingga dapat mendukung kinerja
organisasi secara keseluruhan.
Kata kunci: Iklim Organisasi, Beban Kerja, Pengembangan Karier, Kepuasan
Kerja, Operator Sekolah, Jakarta Selatan.
2025000620sri | MP/sin SRI 2025 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Call Number
MP/sin SRI 2025
Publisher
Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ :
Jakarta.,
2025
Collation
67 hlm.: ilus.; 21 cm.
Statement of Responsibility
-
No other version available