Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi melalui Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Brainwriting pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas Vi di SDN Cilitian 03 Pagi Kecamatan Kramatjadi Kota Adm. Jakarta Timur)/ LAILI CHIKMAH

No image available for this title
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa melalui penerapan model
pembelajaran kolaboratif dengan teknik brainwriting. Subjek dalam penelitian ini
adalah 31 orang siswa kelas VI SDN Cililitan 03 Pagi Tahun Pelajaran 2024/2025. Latar
belakang dari penelitian ini yaitu didasarkan pada rendahnya keterampilan menulis teks
eksplanasi siswa, yang ditandai dengan ketidaktahuan siswa terhadap teks eksplanasi
dan strukturnya, siswa kesulitan menentukan dan menuangkan ide, pemilihan kata yang
kurang tepat, serta hasil menulis teks eksplansi siswa yang masih rendah. Penelitian
tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis dan
McTaggart yang terdiri dari tiga pertemuan pada setiap siklusnya. Tahapan dalam
penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta hasil tes menulis teks
eksplanasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran kolaboratif teknik brainwriting dapat meningkatkan keterampilan
menulis teks eksplanasi siswa. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan persentase nilai
menulis siswa, yang semula pada siklus I 74,62% meningkat menjadi 88,82% pada
siklus II. Aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan
yang signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
kolaboratif teknik brainwriting efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks
eksplanasi siswa sekolah dasar.
Kata kunci: keterampilan menulis, teks eksplanasi, model pembelajaran kolaboratif,
teknik brainwriting.
Availability
T1221PD/ts T1221Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PD/ts T1221

Publisher

Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

xiii, 155 hlm.: ilus.; 29,5 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.