Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Evaluasi Implementasi Program Adiwiyata Mandiri di Sekolah Menengah Pertama di Provinsi DKI Jakarta

No image available for this title
Penelitian ini mengevaluasi implementasi Program sekolah Adiwiyata Mandiri
yang telah melakukan keberlanjutan di Sekolah Menengah Pertama Negeri di
Provinsi DKI Jakarta dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input,
Process, Product). Penelitian kualitatif, sumber data berasal dari kepala sekolah,
guru, tenaga kependidikan dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara
mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen yang dilakukan antara
Maret 2024 hingga Februari 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengidentifikasi faktor-faktor kunci keberhasilan, tantangan pelaksanaan, serta
strategi inovatif guna meningkatkan keberlanjutan program. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa efektivitas program sangat bergantung pada integrasi
sinergis antara kebijakan, kurikulum, kepemimpinan partisipatif, pembelajaran
kontekstual, dan budaya sekolah yang berwawasan ekologi. Sekolah menunjukkan
keselarasan antara visi-misi dengan nilai lingkungan, mengintegrasikan
pendidikan keberlanjutan ke dalam Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) dan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta menerapkan pembelajaran
berbasis perilaku ramah lingkungan. Temuan ini menegaskan pentingnya peran
kepemimpinan ekologis, inisiatif siswa, serta praktik berbasis komunitas dalam
menumbuhkan kebiasaan berkelanjutan. Meskipun didukung oleh pemangku
kepentingan, namun belum adanya sistem pemantauan setelah mendapatkan
penghargaan yang dilakukan secara terstruktur menjadi tantangan dalam
menjamin kesinambungan jangka panjang. Sebagai luaran, penelitian ini
merekomendasikan model manajemen peningkatan kualitas program Adiwiyata
sebagai pendekatan manajerial transformatif untuk mendukung pengembangan
program Adiwiyata secara sistemik. Model ini menawarkan kerangka yang dapat
direplikasi guna memperkuat praktik sekolah hijau dan menjadi rujukan kebijakan
serta pengembangan kapasitas pendidikan lingkungan yang berkelanjutan.
Kata Kunci: Adiwiyata Mandiri, Pendidikan Lingkungan, Evaluasi CIPP,
Manajemen Sekolah Hijau, Model REAL, Keberlanjutan
Availability
2025000634nurMP/sin NUR 2025Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

MP/sin NUR 2025

Publisher

Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

71 hlm.: ilus.; 21 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.