Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Mathematical Mindset Scale Berbasis Keakuratan Penskalaan Tipe Thusrtone, Likert, dan Skala 6 Kategori Respon pada Mahasiswa Pendidikan Matematika

No image available for this title
Tujuan penelitian ini adalah selain untuk mengembangkan alat ukur Mathematical Mindset Scale (MMS) juga untuk membandingkan keakuratan MMS pada tipe Thurstone, Likert, dan skala 6 kategori respon. Model pengembangan yang digunakan adalah model terintergrasi dari Borg & Gall dan Lee & Owen yang memiliki 12 tahapan. Tahapan penelitian dimulai dari riset awal dan pengumpulan teori, tahap perencanaan, tahap penyusunan alat ukur MMS, tahap validasi isi pakar dan panelis, tahap revisi pertama, tahap judging group, tahap uji coba, tahap revisi setelah uji coba, dan terakhir tahap diseminasi dan implementasi hasil penelitian. MMS divalidasi melalui judgment pakar sebanyak tiga orang, yaitu pakar psikometri, pendidikan, dan psikologi; validasi panel sebanyak 13 orang dan 200 judging group terdiri atas dosen dan guru matematika, serta mahasiswa Pendidikan Matematika. Berdasarkan hasil judging group dengan mempertimbangkan nilai median (S) dan interkuartil (Q) didapatkan 22 butir pernyataan yang kemudian dibuat dalam bentuk skala Thurstone, Likert, dan skala 6 kategori respon. Seluruh butir MMS tersebut diujicobakan ke 222 mahasiswa Pendidikan Matematika dan dianalisis. Analisis data menggunakan ANOVA satu jalur dengan Welch’s ANOVA dan uji 'post-hoc’ Games-Howell. Hasil penelitian ini: (1) MMS dengan tipe skala 6 kategori respon memiliki keakuratan yang sama dengan skala Likert; MMS dengan tipe skala Likert dan tipe skala 6 lebih akurat berdasarkan nilai reliabilitas daripada MMS tipe skala Thurstone; (2) Berdasarkan hasil keakurasian instrumen, menghasilkan MMS dengan Likert final sebanyak 11 butir dan instrumen MMS skala 6 kategori respon sebanyak 10 butir.
Availability
2025000176priPEP/sin PRI 2025Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PEP/sin PRI 2025

Publisher

Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

94 hlm.: ilus.; 21 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.