Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani dengan Mengintergrasikan Project Based Learning (PjBL) dan Teaching Personal and Social Responsibility (TPSR)
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan model pembelajaran Penjas dengan mengintegrasikan Project-based learning (PjBL) dengan T eaching Personal and Social Responsibility (TPSR). Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan berpedoman pada model Borg and Gall, Dick and Carey, serta Smith and Ragan melalui tahapan pengumpulan data awal, merumuskan tujuan pembelajaran umum, melakukan analisis pembelajaran, menganalisis karakteristik dan konteks, menulis tujuan pembelajaran khusus, mengembangkan instrumen penilaian, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, dan merancang juga melaksanakan evaluasi formatif. Sintaks pembelajaran PjBL-TPSR menggunakan tahapan OPCR (Orientation, Planning, Creating, Reflection). Hasil validasi model pembelajaran oleh expert desain pembelajaran mendapatkan skor sebesar 4,10 (kategori Layak), untuk expert materi sebesar 4,80 (kategori Sangat Layak), untuk expert media sebesar 4,23 (kategori Sangat Layak), untuk expert bahasa sebesar 4,21(kategori Sangat Layak). Hasil penilaian one to one by learners sebesar 4,73 (kategori Sangat Layak), small group sebesar 4,69 (kategori Sangat Layak), dan field trial sebesar 4,68 (kategori Sangat Layak) dengan skor kepraktisan 4,70 yang menunjukkan bahwa model ini sangat layak untuk digunakan mahasiswa S1 PGSD pada matakuliah Pendidikan Jasmani. Hasil perhitungan rerata kemampuan berpikir kreatif yang dilakukan pada mahasiswa S1 PGSD mendapatkan peningkatan skor sebesar 14,37 dari skor pretest sebesar 74,56 dan skor posttest sebesar 88,93. Pengujian melalui t-test didapatkan nilai t-hitung 4,884 yang hasilnya lebih besar dari t-tabel yaitu 2,045 menunjukkan bahwa ada perbedaan skor yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Pengukuran tingkat keefektifan menggunakan perhitugan Effect Size (Cohen's d) dengan nilai sebesar 1,13 yang menunjukkan bahwa model ini memiliki tingkat efektivitas yang kuat terhadap kemampuan berpikir kreatif. Kata Kunci: Model pembelajaran, Pendidikan Jasmani, PjBL, TPSR, Kemampuan berpikir kreatif
| 2025000708oka | TP/sin OKA 2025 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Call Number
TP/sin OKA 2025
Publisher
Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ :
Jakarta.,
2025
Collation
53 hlm.: ilus.; 21 cm.
Statement of Responsibility
-
No other version available