Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Motorik untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Penelitian Research and Development pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau)

No image available for this title
Keterampilan sosial anak usia dini menjadi dasar kesuksesan dalam membangun hubungan dengan orang lain dan menunjukkan hubungan positif dengan prestasi akademik anak, perkembangan intelektual dan perilaku, serta adaptasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran gerak motorik untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (RnD). Sampel pada penelitian ini melibatkan 63 orang anak yang terdiri dari 5 anak pada uji kelompok kecil, 20 anak pada uji kelompok besar dan 38 anak pada uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun di lembaga PAUD Kota Pekanbaru, Provinsi Riau masih rendah pada beberapa aspek yaitu komunikasi, kerjasama, kegigihan, dan keterlibatan anak sehingga butuh stimulus lebih lanjut. 2) Bentuk stimulasi keterampilan sosial anak usia dini di lembaga PAUD di Kota Pekanbaru, Provisi Riau belum optimal dilakukan dimana guru masih menggunakan pembiasaan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini sehingga beberapa aspek sosial anak belum berkembang sesuai harapan dan perlu adanya upaya peningkatan. Selain itu pemanfaatan media digital sudah menjadi hal biasa dilalakukan guru, namun guru masih nyaman menggunakan media konvensional seperti gambar. 3) Model pembelajaran gerak motorik melalui sepuluh langkah pengembangan produk Dick and Carey. 4) Produk pengembangan berupa model pembelajaran gerak motorik untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini layak secara teoritik dan empirik. Kelayakan teoritik berdasarkan hasil uji pakar materi, model pembelajaran, dan media. Kelayakan empirik berdasarkan hasil uji one to one, uji kelompok kecil, dan uji kelompok besar. 6) Model pembelajaran gerak motorik dapat meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini melalui pengujian quasi eksperimen dengan membandingkan hasil pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran gerak motorik efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini.
Availability
2025000707ilgPAUD/sin ILG 2025Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PAUD/sin ILG 2025

Publisher

Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

46 hlm.: ilus.; 21 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.