Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Desain Pembelajaran Speaking Skills dengan Strategi Think, Talk, Write Memanfaatkan E-Portofolio di SMP School of Human Kelas VIII/ IBNU JUM'AIDI

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran guna meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan strategi Think–Talk–Write (TTW) yang diintegrasikan dengan platform e-portfolio, dan secara khusus diterapkan pada murid kelas VIII di SMP School of Human. Dengan menggunakan model ASSURE, penelitian ini secara sistematis menganalisis karakteristik murid, merumuskan tujuan pembelajaran, memilih strategi dan media yang relevan, memanfaatkan alat e-portfolio (Google Sites), memastikan partisipasi aktif murid, serta mengevaluasi hasil belajar.Produk dari penelitian ini berupa desain pembelajaran yang menggabungkan aktivitas berbicara terstruktur dengan dokumentasi digital dan refleksi. Desain ini divalidasi melalui penilaian para ahli dan implementasi di kelas, yang melibatkan asesmen formatif dan sumatif. Hasil menunjukkan bahwa integrasi strategi TTW dan e-portfolio secara signifikan meningkatkan performa berbicara murid, keterlibatan dalam pembelajaran, serta kemandirian belajar. Berdasarkan penilaian para ahli, desain pembelajaran ini dinyatakan sangat layak untuk diimplementasikan di kelas, dengan persentase kelayakan sebesar 88,8%, yang menunjukkan bahwa desain ini memenuhi standar pedagogis dalam pengembangan pembelajaran modern.Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis dengan menghadirkan model yang dapat direplikasi, serta menjawab kebutuhan akan kompetensi komunikatif dan literasi digital dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Desain ini mendorong pengalaman belajar yang aktif, reflektif, dan personal yang sejalan dengan prinsip pendidikan abad ke-21 dan Kurikulum Merdeka di Indonesia. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Strategi Think–Talk–Write, E-Portfolio, Desain Pembelajaran, Model ASSURE, Sekolah Menengah Pertama.
Availability
T1239TP/ts T1239Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

TP/ts T1239

Publisher

Prodi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

xv, 134 hlm.: ilus.; 29,5 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.