Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani dengan Mengintergrasikan Project Based Learning (PjBL) dan Teaching Personal and Social Responsibility (TPSR)/ OKA IRMADE

No image available for this title
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan model pembelajaran Penjas dengan mengintegrasikan Project-based learning (PjBL) dengan T eaching Personal and Social Responsibility (TPSR). Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan berpedoman pada model Borg and Gall, Dick and Carey, serta Smith and Ragan melalui tahapan pengumpulan data awal, merumuskan tujuan pembelajaran umum, melakukan analisis pembelajaran, menganalisis karakteristik dan konteks, menulis tujuan pembelajaran khusus, mengembangkan instrumen penilaian, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, dan merancang juga melaksanakan evaluasi formatif. Sintaks pembelajaran PjBL-TPSR menggunakan tahapan OPCR (Orientation, Planning, Creating, Reflection). Hasil validasi model pembelajaran oleh expert desain pembelajaran mendapatkan skor sebesar 4,10 (kategori Layak), untuk expert materi sebesar 4,80 (kategori Sangat Layak), untuk expert media sebesar 4,23 (kategori Sangat Layak), untuk expert bahasa sebesar 4,21(kategori Sangat Layak). Hasil penilaian one to one by learners sebesar 4,73 (kategori Sangat Layak), small group sebesar 4,69 (kategori Sangat Layak), dan field trial sebesar 4,68 (kategori Sangat Layak) dengan skor kepraktisan 4,70 yang menunjukkan bahwa model ini sangat layak untuk digunakan mahasiswa S1 PGSD pada matakuliah Pendidikan Jasmani. Hasil perhitungan rerata kemampuan berpikir kreatif yang dilakukan pada mahasiswa S1 PGSD mendapatkan peningkatan skor sebesar 14,37 dari skor pretest sebesar 74,56 dan skor posttest sebesar 88,93. Pengujian melalui t-test didapatkan nilai t-hitung 4,884 yang hasilnya lebih besar dari t-tabel yaitu 2,045 menunjukkan bahwa ada perbedaan skor yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Pengukuran tingkat keefektifan menggunakan perhitugan Effect Size (Cohen's d) dengan nilai sebesar 1,13 yang menunjukkan bahwa model ini memiliki tingkat efektivitas yang kuat terhadap kemampuan berpikir kreatif. Kata Kunci: Model pembelajaran, Pendidikan Jasmani, PjBL, TPSR, Kemampuan berpikir kreatif
Availability
D1631TP/ds D1631Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

TP/ds D1631

Publisher

Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

xvi, 265 hlm.: ilus.; 29,5 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.