Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Model Pembelajaran Proyek Berbasis Permainan Sains (Propersains) untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini

No image available for this title
Keterampilan sosial pada anak usia dini merupakan fondasi utama bagi
keberhasilan mereka di masa depan, karena melalui keterampilan ini anak belajar
membangun relasi, bekerja sama, memahami perasaan orang lain, serta
menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial yang semakin kompleks. Namun,
dalam praktik pembelajaran di PAUD, pengembangan keterampilan sosial sering
kali belum terfasilitasi secara optimal melalui kegiatan yang menyenangkan dan
bermakna. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran proyek
berbasis permainan sains (ProperSains) untuk meningkatkan keterampilan sosial
anak usia dini. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and
Development (R&D) Borg & Gall. Sampel penelitian sebanyak 73 anak usia 5–6
tahun yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, terdiri atas 9 anak
pada uji coba terbatas, 32 anak pada uji coba skala besar, dan 32 anak pada uji
lapangan operasional. Instrumen penelitian meliputi lembar kuesioner, lembar
penilaian keterampilan sosial anak, dan lembar observasi keterlaksanaan model.
Data penelitian dianalisis menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa
sebagian besar guru PAUD belum memahami dan menerapkan model pembelajaran
proyek berbasis permainan sains untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia
5-6 tahun di Kabupaten Lombok Timur. (2) telah berhasil dikembangkan model
pembelajaran proyek berbasis permainan sains (ProperSains) melalui tahapan
sistematis Research and Development (R&D) menggunkan kerangka Borg & Gall;
(3) model ProperSains yang dikembangkan terbukti layak dan praktis dalam
meningkatkan keterampilan sosial anak usia 5–6 tahun; dan (4) model ProperSains
terbukti efektif meningkatkan keterampilan sosial anak PAUD, terutama dalam
aspek kerja sama, komunikasi, berbagi, partisipasi, dan adaptasi.
Kata kunci: Model Pembelajaran Proyek, Permainan Sains, Keterampilan Sosial
Anak Usia Dini
Availability
2025000719khaPAUD/sin KHA 2025Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PAUD/sin KHA 2025

Publisher

Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

40 hlm.: ilus.; 21 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.