Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Model Pembelajaran Pancasila Buddhis Berbasis Problem Based Leaning Menggunakan Microlearning

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Model Pembelajaran Pancasila
Buddhis Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Microlearning.
Metodologi yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development/R&D) dari Borg and Gall pada tahap research and information
collecting, yang dikolaborasikan dengan Step of System Approach Model of
Educational Research and Development dari Dick and Carey, serta model ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Langkah-langkah
pembelajaran meliputi: (1) peserta didik menemukan masalah, (2) peserta didik
mengajukan pertanyaan, (3) peserta didik mengidentifikasi permasalahan, (4)
peserta didik mengintegrasikan informasi dalam bentuk deskripsi, (5) peserta didik
menyusun informasi yang ditemukan, dan (6) peserta didik menyampaikan
informasi yang diperoleh. Hasil uji kelayakan memperoleh penilaian pakar dengan
rata-rata 4,59 yang berkategori sangat baik, sedangkan uji empiris melalui tahap
one-to-one, small group, dan field trial menunjukkan nilai rata-rata 81–87 yang
berkategori tuntas. Efektivitas model terbukti melalui peningkatan nilai kognitif
peserta didik dari 77 menjadi 86 atau sebesar 11,69%, dengan hasil uji t
berpasangan menunjukkan bahwa nilai t-hitung (11,119) lebih besar daripada ttabel (±2,045), sehingga terdapat perbedaan yang signifikan (p < 0,05). Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Pancasila Buddhis
Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Microlearning layak digunakan
dan efektif meningkatkan nilai kognitif peserta didik. Penelitian ini signifikan
karena menghadirkan model pembelajaran yang mampu mengatasi kondisi
pembelajaran yang belum optimal sehingga kualitas belajar peserta didik dapat
meningkat. Implikasinya, model ini dapat dijadikan acuan inovatif bagi lembaga
pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan, dan praktik pembelajaran dalam
rangka meningkatkan mutu pembelajaran.
Kata Kunci: Model pembelajaran Pancasila Buddhis, problem based learning,
microlearning
Availability
2025000716tejTP/sin TEJ 2025Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

TP/sin TEJ 2025

Publisher

Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

29 hlm.: ilus.; 21 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.