Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Insrumen Tes Literasi Kewarganegaraan bagi Siswa SMA/ IIN NURUL KHOIRIYAH

No image available for this title
Era digital membuat arus informasi semakin cepat dan tidak selalu tersaring dengan
baik. Kondisi ini menuntut generasi muda memiliki literasi kewarganegaraan yang
kokoh agar tidak mudah terpengaruh oleh informasi menyesatkan serta mampu
menjaga identitas kebangsaan. Namun, pembelajaran di sekolah masih banyak
menggunakan soal faktual berbasis hafalan, sementara hasil survei internasional
seperti International Civic and Citizenship Education Study (ICCS) dan
Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa
literasi kewarganegaraan maupun literasi membaca siswa Indonesia masih berada
di bawah rata-rata global. Hal ini memperkuat pentingnya pengembangan
instrumen yang mampu mengukur pengetahuan sekaligus keterampilan kritis dan
reflektif siswa SMA.
Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen literasi kewarganegaraan
berbasis kerangka ICCS dengan penyesuaian pada konteks Indonesia. Instrumen
dikembangkan melalui tahapan penyusunan kisi-kisi, penulisan butir berbasis
stimulus, validasi ahli, uji coba terbatas, revisi, serta uji coba lapangan pada 482
siswa dari enam SMA di Jakarta. Analisis data menggunakan Model Rasch dengan
Winsteps untuk menilai validitas butir, reliabilitas, unidimensionalitas, Test
Information Function (TIF), dan Differential Item Functioning (DIF).
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar butir memenuhi kriteria fit statistics.
Reliabilitas butir 0,92 dan person 0,83 menunjukkan konsistensi tinggi. Instrumen
terbukti cukup unidimensional dengan varian utama 31,3%, sementara TIF lebih
informatif pada kemampuan menengah ke bawah. Beberapa butir sulit tidak
dijawab benar oleh siswa, dan analisis DIF menemukan butir yang berpotensi bias
sehingga perlu perbaikan.
Secara keseluruhan, instrumen ini layak digunakan untuk mengukur literasi
kewarganegaraan siswa SMA, serta bermanfaat dalam pemetaan kompetensi
kewarganegaraan di tingkat daerah maupun nasional.
Kata kunci: literasi kewarganegaraan, pengembangan instrumen, ICCS, Rasch
Model
Availability
T1244PEP/ts T1244Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PEP/ts T1244

Publisher

Prodi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

xix, 233 hlm.: ilus.; 29,5 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.