Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Evaluasi Pelatihan Daring "Mengelola Administrasi Sekretaris dengan Google Workplace" dengan Pendekatan Self Paced Learning/ NUZULUDIN

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana ketercapaian
pelatihan daring “Mengelola Administrasi Sekretaris dengan Google Workspace”
dengan pendekatan self-paced learning di Lembaga Pelatihan Kita Kompeten
ditinjau pada level 1 (reaksi) dan Level 2 (hasil belajar) dari model evaluasi
Kirkpatrick. Pada evaluasi level 1 mengukur reaksi peserta terhadap penyenggaraan
pelatihan, dan pada evaluasi level 2 mengukur hasil belajar para peserta setelah
mengikuti pelatihan. Pendekatan pedagogis yang digunakan dalam pelatihan adalah
self-paced learning dimana peserta dapat mengontrol kecepatan belajarnya sendiri.
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi menggunakan model Kirkpatrick.
Teknik pengumpulan data pada evaluasi reaksi (level 1) melalui penyebaran
kuesioner dan pemberian tes hasil belajar (level 2) kepada para peserta yang telah
mengikuti pelatihan. Jumlah responden pada evaluasi ini sebanyak 20 orang peserta
pelatihan. Hasil penelitian pada level 1 (reaksi) yang melitupi 5 aspek yaitu:
kesesuaian terhadap materi pelatihan, kesesuaian metode pembelajaran, kejelasan
penyampaian materi oleh instruktur, desain dan kenyamanan tampilan pada media
pembelajaran self-paced learning menggunakan platform learning management
system (lms), dan kesesuaian dengan kebutuhan pekerjaan sekretaris. Dari 5 aspek
tersebut yang mendapatkan nilai tertinggi adalah aspek kesesuaian dengan
kebutuhan pekerjaan sekretaris dengan skor 99,75% dan yang mendapatkan nilai
terendah adalah aspek desain dan kenyamanan tampilan pada media pembelajaran
self-paced learning menggunakan platform learning management system (lms)
dengan skor 89,75%. Hasil dari evaluasi hasil belajar peserta pelatihan
menunjukkan nilai rata-rata sebesar 86,75, ini berarti bahwa rata-rata peserta dapat
mencapai tujuan pembelajaran yang sudah diikuti. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa pelatihan ini sangat sesuai untuk para sekretaris atau calon
sekretaris. Namun desain pelatihan masih harus dikembangkan lagi supaya
pelatihan lebih menarik dan efektif.
Kata kunci: Evaluasi, Pembelajaran Mandiri, Kirkpatrick.
Availability
T1241TP/ts T1241Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

TP/ts T1241

Publisher

Prodi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

xxii, 76 hlm.: ilus.; 29,5 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.