Image of Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan : Konsep, Prosedur dan Sitesis Pengetahuan Baru

Text

Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan : Konsep, Prosedur dan Sitesis Pengetahuan Baru



Penelitian desain dan pengembangan merupakan penelitian yang mengutamakan solusi terhadap masalah nyata kependidikan. Penelitian ini memadukan berbagai jenis metode penelitian agar menghasilkan solusi terbaik dalam menyelesaikan permasalahan kependidikan. Penelitian desain dan pengembangan mendorong kreativitas peneliti untuk terbiasa berpikir dalam melakukan pengkajian dengan desain solusi yang realistik dan terukur. Kajian dalam penelitian ini tidak hanya mampu mengungkapkan fenomena permasalahan dengan segala dimensinya akan tetapi mampu dilanjutkan dengan bagaimana solusi yang dapat diberikan agar permasalahan nyata kependidikan dapat diatasi dengan baik.

Pada dasarnya setiap guru, dosen, pelatih dan praktisi kependidikan lainnya dalam menjalankan profesinya telah melaksanakan prinsip-prinsip penelitian desain dan pengembangan. Saat ini kita mengenal adanya inovasi model-model pembelajaran, multimedia pembelajaran, bahan-bahan ajar, sistem penilaian, lingkungan belajar dan model-model layanan belajar terkini; kesemuanya dihasilkan dari proses penelitian desain dan pengembangan. Demikian juga dalam keseharian guru, dosen, pelatih dan praktisi kependidikan lainnya, ketika berusaha mempersiapkan dan melaksanakan layanan pembelajaran sebaik mungkin, mereka telah melaksanakan prinsip-prinsip penelitian desain dan pengembangan. Kemajuan penyelesaian masalah kependidikan secara praktis ditentukan oleh hasil yang diperoleh dari penelitian desain dan pengembangan. Oleh karena itu, penelitian desain dan pengembangan adalah jiwa dalam raga para pendidik dan pelatih untuk menjadi orang yang profesional. Penelitian desain dan pengembangan menjadi metode yang mengawal perubahan kemajuan dalam bidang layanan kependidikan.

Penelitian desain dan pengembangan merupakan rumah besarnya berbagai metode penelitian kependidikan baik yang beraliran kualitatif maupun kuantitatif. Pada penelitian ini metode-metode tersebut bahu-membahu bekerja secara terintegrasi, eklektik, dan preskriptif untuk menyelesaikan permasalahan yang ditemukan. Paradigma ini menjadikan penelitian desain dan pengembangan sesuai dengan kebutuhan pendidikan abad ke-21 yang mengutamakan kreativitas dalam memecahkan permasalahan praksis secara kolaboratif antar kepakaran dan mengomunikasikan hasilnya kepada publik kependidikan sehingga bermanfaat.


Availability

2018012147rus001.42 RUS pPerpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
2021018275rus001.42 RUS pPerpustakaan Pascasarjana UNJCurrently On Loan (Due on2024-05-28)
2020016932rus001.42 RUS pPerpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
2018013776rus001.42 RUS pPerpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
2022018504rus001.42 RUS pPerpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
001.42 RUS p
Publisher Rajawali Pers : Depok.,
Collation
xxvi, 316 hlm.: ilus.; 23cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-425-577-0
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this