Image of Revolusi Olahraga: Suatu Analisis-Sintesis dan Sudut Sosiologi Olahraga

Text

Revolusi Olahraga: Suatu Analisis-Sintesis dan Sudut Sosiologi Olahraga



Revolusi merupakan perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat. Ukuran kecepatan suatu perubahan sebenarnya relatif, karena revolusi pun dapat memakan waktu yang lama. Unsur-unsur pokok dari pada suatu revolusi adalah adanya perubahan yang cepat dan bahwa perubahan tersebut mengenai dasar-dasar atau sendi-sendi pokok dari kehidupan masyarakat. Berdasarkan pengertian sebagaimana yang diungkapkan di atas, maka dapat ditarik beberapa kata kunci yang terkait dengan pengertian revolusi, yaitu: waktu, perubahan, aspek- aspek perubahan dan dampak dari perubahan perubahan itu sendiri dalam dalam kehidupan masyarakat. Hasil dari suatu revolusi adalah: kemerdekaan/kebebasan, pembaruan dan terbentuknya suatu perilaku baru.
Berdasarkan fakta sejarah, olahraga di Indonesia telah mengalami revolusi, baik oleh kemauan politik pemerintah, maupun akibat dari perubahan zaman yang dipicu oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Revolusi olahraga telah mengubah paradigma aktivitas keolahragaan di Indonesia. Olahraga tidak lagi hanya sebagai suatu kegiatan sosial, tetapi telah bergeser menjadi aktivitas bisnis. Di negara-negara industri maju, olahraga telah menjadi salah satu tiang penyangga kekuatan ekonomi.
Buku ini menyajikan berbagai tonggak sejarah revolusi olahraga di Indonesia mulai dari PON I tahun 1948 di Solo, sampai penyelenggaraan Asian Games di Indonesia tahun 2018. Dari sisi lain, revolusi olahraga di Indonesia, tidak hanya dilihat dari penyelenggaraan berbagai event olahraga baik nasional maupun internasional, tetapi juga dilihat dari tonggak sejarah perkembangan institusi-institusi olahraga dan komitmen pemerintah dalam pengembangan iptek olahraga. Dengan pendekatan analisis-sintesis, buku ini juga menyajikan indikator-indikator terjadinya revolusi olahraga di Indonesia.
Dengan membaca buku ini, para pembaca tidak hanya memperoleh pengetahuan tentang sejarah perkembangan olahraga di Indonesia, tetapi juga akan memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang latar belakang dan filosofi peristiwa-peristiwa besar olahraga di Indonesia. Buku ini juga menyajikan data-data peristiwa besar olahraga di dunia beserta analisisnya, seperti Sea Games, Asian Games, dan Olimpic Games.


Availability

2020016952kir796.01 KIR rPerpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
2020016950kir796.01 KIR rPerpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
2020016949kir796.01 KIR rPerpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
2020016964kir796.01 KIR rPerpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
2020016965kir796.01 KIR rPerpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
796.01 KIR r
Publisher Kencana : Jakarta.,
Collation
xix, 256 hlm. : ilus. ; 20,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-218-377-3
Classification
796.01
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke - 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this