No image available for this title

Text

Model Mobile Learning pada Mata Pelajaran Senam Ritmik Tingkat SMA/SMK / Oktariyana



ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengujikeefektifan model mobile learningpada mata pelajaran senam ritmik untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa SMA/SMK. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari teori Borg dan Gallyang memiliki 10 tahapan pengembangan. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan test. Teknik analisisdata yang digunakan dalam penelitian ini adalah statisticsdescriptive kualitatifdan kuantitatif. Produk yang dihasilkan adalah aplikasi pembelajaran senam ritmik dan user manualaplikasi dilengkapi dengan panduan gerak Senam Batara (Bumi Sriwijaya Bugar Tangkas Gembira).Rancangan penelitian ini menggunakan pretest-posttestcontrol group designuntuk mengetahui kemampuan awal dan akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Uji signifikan efektifitas model mobile learningpada mata pelajaran senam ritmik menggunakan uji-t. Sebelum data dianalisis dilakukan uji normalitas terhadap hasil peningkatan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan (n=60) siswa putra dan putri tingkat SMA/SMK. Diperoleh hasilpengujian data hasil VO2Max siwa putra maupun putri diketahui nilai signifikansi (sig.) yaitu uji Kolmogorov-Smirnovmaupun uji Shapiro-Wilk> 0.05maka data berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji-t dengan menggunakan independent sample test. Dari data hasil VO2Max putra diperoleh nilai t = 5,623 dan nilai Sig. (2-tailed) atau p-value = 0,000


Availability

D0543POR/ds D0543Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
POR/ds D0543
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xvi, 302 hlm. : Ilus ; 29, 5cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this