No image available for this title

Text

Pengaruh Budaya Organisasi, Pemberdayaan dengan Keterikatan Kerja Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Biro Umum Sekretariat Kementerian Sekretariat Negara / Koko Haryono



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh antara budaya organisasi, pemberdayaan, keterikatan kerja terhadap kualitas pelayanan, secara langsung maupun tidak langsung, serta menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Unit analisis dari penelitian adalah seluruh pegawai pada Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia yang berjumlah 307 pegawai, dengan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 76 orang pegawai. Metode yang dipergunakan analisis jalur dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS dan LISREL. Temuan penelitian yaitu: (1) budaya organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kualitas pelayanan, (2) pemberdayaan berpengaruh langsung positif terhadap kualitaspelayanan, (3) Keterikatan kerja berpengaruh langsung positif terhadap kualitas pelayanan, (4) budaya organisasi berpengaruh langsung positif terhadap keterikatan kerja, (5) pemberdayaan berpengaruh langsung positif terhadap keterikatan kerja, (6) budaya organisasi berpengaruh langsung positif terhadap pemberdayaan, (7) budaya organisasi melalui pemberdayaan berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan, (8) budaya organisasi melalui keterikatan kerja berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan, (9) pemberdayaan melalui keterikatan kerja berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan pada Biro Umum Sekretariat Kementerian Sekretariat Negara. Kebaruan dari penelitian ini adalah bahwa diketahui variabel yang paling dominan mempengaruhi secara langsung kualitas pelayanan adalah variabel budaya organisasi dengan nilai koefisien jalurnya sebesar 0,322, artinya peningkatan budaya organisasi akan menyebabkan peningkatan pada kualitas pelayanan. Penelitian ini mengkaji mengenai kualitas pelayanan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dari variabel budaya organisasi, pemberdayaan dengan keterikatan kerja sebagai variabel intervening belum pernah dilakukan sebelumnya baik pada sampel, lokasi penelitian maupun metode yang dipergunakan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model peningkatan kualitas pelayanan pegawai pada Biro Umum yang signifikan adalah dengan meningkatkan budaya organisasi, pemberdayaan dengan keterikatan kerja sebagai variabel intervening.Kata Kunci: Budaya Organisasi, Pemberdayaan, Keterikatan Kerja, Kualitas Pelayanan


Availability

2022019342kokIM/sin KOK 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
IM/sin KOK 2021
Publisher Prodi Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
41 cm.:ilus ; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
IM/sin KOK 2021
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this